Cara Melahirkan Tanpa Rasa Sakit – Bagi para Ibu hamil pasti mendambakan di saat persalinan nanti terjadi secara mudah, lancar, dan selamat. Para Ibu disaat usia kehamilan menginjak 9 bulan, terkadang khawatir dan gelisah, karena membayangkan rasa sakit yang dialami ketika melahirkan, apalagi itu adalah kelahiran yang pertama kali. Dari pada memikirkan sesuatu yang belum tentu terjadi, dianjurkan supaya Ibu hamil berpikir tenang dan positif, serta meyakini bahwa proses persalinan akan baik-baik saja, hal ini akan sangat membantu. Karena banyak juga para Ibu yang melahirkan secara normal tanpa rasa sakit.

Sebenarnya ada beberapa cara melahirkan tanpa rasa sakit di dalam dan di luar negeri dengan biaya yang tidak sedikit, yaitu dengan jalan operasi caesar, water birth, forceps, Epidural dan vacuum. Akan tetapi cara kelahiran seperti caesar, forceps dan vacuum tidak disarankan, selama Ibu hamil masih sanggup melahirkan secara normal. Lalu bagi Ibu hamil yang mendambakan kelahiran secara normal, bagaimanakah cara melahirkan tanpa rasa sakit..? Untuk melahirkan tanpa rasa sakit, silahkan praktekkan beberapa tips melahirkan di bawah ini :

10 Cara Melahirkan Tanpa Rasa Sakit

  1. Anda adalah apa yang anda pikirkan, jika selama kehamilan Anda berpikir dan senantiasa berdo’a untuk kemudahan di saat persalinan, maka pemikiran positif seperti itu akan sangat membantu disaat proses persalinan.
  2. Ikuti panduan senam hamil, jika tidak memungkinkan bisa dilakukan sendiri di rumah, seperti gerakan jongkok berdiri dengan tangan memegang sesuatu sebagai penyeimbang. Lakukan gerakan jongkok berdiri sebanyak 10-20 kali secara perlahan setiap hari, lakukan senam ini 2 minggu sebelum waktu perkiraan kelahiran.
  3. Disaat bukaan awal, disarankan Ibu hamil jalan-jalan di sekeliling ruangan, selain mempercepat pembukaan, juga bisa memperlancar persalinan dan menghilangkan rasa sakit.
  4. Sang Ibu harus nyantai dan percaya diri, perasaan-perasaan negatif akan menguras energi, dan bikin tambah sakit.
  5. Di beberapa rumah sakit bersalin memutar musik yang lembut di saat proses persalinan. Hal ini sangat baik bagi calon bunda, karena dapat merilekskan dan menenenangkan pikiran.
  6. Usahakan tetap ceria selama proses kelahiran, tersenyum dan bercanda dengan orang-orang di sekitar Anda, seperti suami, dokter, bidan, suster.
  7. Alihkan pikiran dari rasa sakit, hindari berteriak-teriak, apalagi marah-marah. Bersabarlah dan berpikir proses kelahiran ini akan segera selesai.
  8. Tarik nafas yang dalam ketika terjadi kontraksi, lalu keluarkan secara perlahan, hal ini bisa mengurangi rasa sakit.
  9. Ucapkan kata-kata yang positif disaat melahirkan, seperti aku pasti bisa, sebentar lagi pasti anakku keluar, dll.
  10. Genggam tangan suami di saat mengejan, semangat dan dukungan sang suami sangat diperlukan.
About these ads