Setiap negara dan wilayah mempunyai standarisasi yang berbeda dalam menentukan berat dan tinggi badan bayi yang ideal. Standarisasi bayi dari Asia yang cenderung lebih kecil tentu berbeda dari bayi yang berasal dari Eropa atau Amerika Serikat.

Sesuai dengan ukuran standar dari Departemen Kesehatan Indonesia, berat badan untuk usia bayi yang masih dibawah tiga bulan adalah antara 3,4 – 5,7 kg. Sedangkan untuk tinggi badan bayi yang ideal adalah sekitar 40,5 – 60 cm.

Kemudian ketika usia bayi menginjak umur empat sampai enam bulan, maka berat badan bayi yang ideal adalah 5 – 7,4 kg. Untuk ukuran ideal tinggi badannya sekitar 62,5 – 66 cm.

Setelah bayi memasuki usia tujuh sampai sembilan bulan, berat badan bayi naik menjadi sekitar 8 – 8,9 kg. Demikian pula dengan tinggi badan bayi yang juga mengalami pertambahan menjadi 67,5 – 70, 5 cm.

Sedangkan bayi yang usianya telah menginjak sepuluh bulan sampai dengan satu tahun berat idealnya adalah antara 9,3 – 9,9 kg. Adapun tinggi badannya mencapai ukuran antara 72 – 74,5 cm. Dan semakin bertambah usia bayi, maka berat badan dan ukuran tinggi badannya juga terus bertambah.

Namun demikian, ukuran ideal berat badan bayi dan tinggi badan bayi tersebut tidak bersifat mutlak, karena ada beberapa faktor yang ikut mempengaruhi pertumbuhan ukuran berat dan tinggi badan bayi. Salah satu faktor tersebut adalah kondisi dari kedua orang tua bayi. Jika mereka mempunyai ukuran badan yang lebih besar dan tinggi, maka ada kemungkinan berat badan bayi juga lebih banyak dibanding dengan bayi yang orang tuannya lebih kurus.

Selain itu faktor gizi dan makanan yang sehat juga berpengaruh terhadap pertumbuhan berat badan bayi dan ukuran ketinggiannya. Makin bagus pasokan gizi yang masuk, maka berat dan tinggi badan bayi juga bisa makin bagus dan ideal.

About these ads