Apakah Anda sering sakit kepala kettika memakan sesuatu yang dingin? Sakit kepala karena makan es krim sangat tidak menyenangkan. Berikut adalah cara untuk mencegahnya, sehingga Anda dapat menikmati es krim lagi.
Siapa yang tidak suka dengan es krim? Semua pasti suka, tetapi makan es krim menjadi tidak menyenangkan ketika anda mendapatkan sakit kepala karena es krim.

Sakit kepala yang yang terjadi merupakan reaksi saraf dan pembuluh darah di mulut Anda ketika memakan es krim. Hasil akhirnya adalah sakit kepala berdebar, istilah resmi untuk sakit kepala karena es krim adalah ganglioneuralgia sphenopalatine, tapi mudahnya disebut otak beku.

Apa Penyebabnya? Di atas langit-langit mulut terdapat saraf yang disebut saraf sphenopalatine innervates mulut. Bila Anda meletakkan sesuatu yang dingin di mulut Anda, saraf sphenopalatine mengirim pesan ke pembuluh darah yang berjalan ke kepala dan membuat pembuluh darah mengerut dan kemudian menjadi lebih luas. Ketika pembuluh-pembuluh darah melebar terlalu cepat, itu menyebabkan sakit kepala berdebar-debar. Untungnya, sakit kepala biasanya hanya berlangsung selama beberapa menit, cukup lama bagi saraf sphenopalatine untuk menghangatkan kembali.
Tidak semua orang yang makan es krim akan mengalami hal ini, kondisi ini hanya dialami oleh satu dari tiga orang. Orang yang memiliki sakit kepala migren lebih mungkin mengalami fenomena ini daripada orang-orang yang jarang mengalami sakit kepala.
Bagaimana cara mencegah Sakit kepala karena es krim? Kunci untuk mencegah sakit kepala karena es krim adalah menghindari “mengejutkan” saraf sphengopalatine. Anda dapat melakukan hal ini dengan makan es krim atau apa pun yang dingin dengan cara perlahan-lahan atau lebih lambat. Meminum air hangat juga dapat menenangkan saraf sphenopalatine. Strategi lainnya yang bisa anda lakukan adalah dengan menempatkan lidah hangat Anda pada langit-langit mulut Anda untuk mehangatkan. Ketika Anda memakan es krim, cobalah untuk menjauhkan sesuatu yang dingin dari langit-langit mulut Anda sebisa mungkin.