Penyakit Diabetes tipe satu dan diabetes tipe dua, Bagaimana membedakannya? Cari tahu lebih lanjut tentang kedua jenis diabetes ini. Kebanyakan orang berpikir bahwa diabetes adalah penyakit tunggal, tetapi diabetes sebenarnya terdiri dari dua jenis yang sangat berbeda dalam hal penyebab diabetes. Diabetes menyebabkan gula darah dan komplikasi seperti jantung, ginjal, mata atau penyakit saraf.

Penyakit Diabetes Tipe Satu dan Tipe Dua, Apa perbedaannya?
Diabetes tipe 1
Diabetes tipe 1 adalah suatu bentuk diabetes yang paling sering terlihat pada anak-anak. Orang yang menderita diabetes tipe ini tidak dapat menghasilkan insulin sama sekali. Hal ini dikarenakan sel-sel yang memproduksi insulin dalam pankreas yang disebut juga dengan nama sel beta telah dihancurkan.
Mengapa kerusakan ini dapat terjadi? hal ini tidak sepenuhnya dipahami, tetapi kebanyakan ahli percaya  bahwa diabetes tipe 1 adalah penyakit autoimun dimana tubuh menghasilkan antibodi terhadap sel beta sendiri, sehingga menghancurkan sel beta. Beberapa orang secara genetik lebih rentan terhadap pemasangan respon imun yang menghancurkan sel beta. Salah satu teori lainnya adalah bahwa virus memicu sistem kekebalan tubuh, yang menghancurkan sel penghasil insulin dalam individu yang secara genetik.
Orang yang menderita diabetes tipe 1 memerlukan insulin untuk bertahan hidup. Tanpa itu, glukosa tidak bisa masuk ke dalam sel untuk digunakan sebagai energi. Akhirnya glukosa tetap berada dalam aliran darah, dan beberapa terbuang bersama urin. Hal ini menyebabkan komplikasi seperti dehidrasi.
Saat glukosa tidak bisa masuk ke sel, karena kekurangan insulin, otak menderita karena hanya dapat menggunakan glukosa sebagai bahan bakar. Akibatnya tubuh menjadi berlemak dan hati memodifikasinya untuk membentuk senyawa keton dan otak menyesuaikannya sebagai sumber bahan bakar. Hal ini menyebabkan kondisi berbahaya yang disebut ketoasidosis. Orang dengan diabetes tipe 1 juga dapat memiliki masalah dengan kadar gula darah rendah atau hipoglikemia, begitu mereka mulai menggunakan insulin.
Diabetes tipe 2
Dalam Diabetes tipe 2, pankreas masih bisa membuat insulin, tetapi sel-sel yang menggunakan insulin untuk mendapatkan glukosa yang dibutuhkan menolak untuk masuk ke dalam sel. Ini berarti insulin yang dihasilkan tidak bekerja dengan baik dan glukosa tidak bisa masuk ke sel dengan mudah. Kondisi Ini dikenal sebagai resistensi insulin. Untuk mengimbanginya, pankreas memproduksi insulin lebih banyak untuk memindahkan glukosa ke dalam sel.
Hal ini dapat berlangsung selama beberapa waktu, namun akhirnya pankreas menjadi sangat lelah dan tidak dapat menjaga volume tinggi produksi insulin. Saat itulah gula darah mulai bangkit dan menjadi Diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 lebih sering terjadi pada populasi lebih tua, tetapi juga banyak terdapat pada anak dan remaja yang didiagnosa karena epidemi obesitas. Ada juga karena secara genetik rentan terkena Diabetes tipe 2. 
DiabetesTipe 2  merupakan penyakit yang dapat dicegah melalui pola hidup sehat, tetap aktif dan selalu menjaga berat badan yang sehat. Lebih dari 90% orang dengan diabetes tipe 2 memiliki kelebihan berat badan atau obesitas. Diabetes tipe 1 tidak dapat dicegah sesuai dengan apa yang saat ini diketahui, walaupun beberapa penelitian kecil menunjukkan bahwa vitamin D selama masa kanak-kanak membantu melindungi kita terhadap diabetes tipe 2.
Kedua jenis diabetes ini dapat mengakibatkan komplikasi serius, tetapi, ada perbedaan antara kedua jenis diabetes dalam hal apa yang menyebabkan mereka dan bagaimana mereka diperlakukan. Yang paling penting adalah bahwa penderita diabetes tipe 1 perlu insulin untuk bertahan hidup, sementara penderita diabetes tipe 2 dapat diobati dengan gaya hidup yang sehat.