Kanker selalu menjadi momok yang menakutkan bagi banyak orang, selain karena keganasannya, penyakit ini juga tidak diketahui apa penyebabnya. banyak orang mengaikatkan kanker dengan gaya hidup yang tidak sehat dan polusi. Beberapa orang juga beranggapan bahwa kanker dipengaruhi oleh faktor genetik, meskipun ada ahli-ahli yang mengatakan bahwa peran faktor genetik sebagai pemicu kanker tidak terlalu signifikan.

Hampir seluruh bagian tubuh manusia mulai dari darah, kulit, mata, otak, paru-paru, sampai tulang bisa terkena kanker. Jika ada bagian tubuh yang tidak bisa terkena kanker, maka bagian tersebut adalah kuku dan rambut.
Kuku dan rambut tidak dapat terserang kanker karena bagian tubuh ini merupakan jaringan mati, sehingga rambut dan kuku dapat dipotong. Selain rambut dan kuku, setiap bagian tubuh lainnya dapat terserang kanker. Paru-paru, adalah organ tubuh yang paling mudah terserang kanker. Pada tahun 2008, 1,4 juta orang di seluruh dunia meninggal karena kanker paru-paru.

Pada tahun 2008, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) membuat daftar organ-organ tubuh yang mudah di serang kanker, dan mereka menempatkan perut pada urutan nomor dua pada daftar organ tubuh yang mudah diserang oleh kanker. Kanker lambung menyebabkan 740.000 kematian, kanker hati menyebabkan 700.000 kematian, kanker usus besar menyebabkan 610.000 kematian dan kanker payudara menyebabkan 460.000 kematian.

Walaupun kanker sangat mematikan, ada satu jenis kanker yang sudah diketahui apa penyebabnya, kanker tersebut adalah kanker rahim yang dipicu oleh human papillomavirus (HPV). Oleh karena itu, kanker yang hanya menyerang perempuan ini, dapat dikurangi dengan memberikan vaksin HPV.