Persediaan obat-obatan wajib dimiliki oleh sebuah keluarga, hal ini berguna untuk pertolongan pertama. Namun, anda mesti mengecek obat-obatan yang anda miliki, Apakah obat-obatan tersebut sudah kadarluarsa atau belum? Obat-obatan yang sudah kadarluarsa atau masa pakainya telah habis harus dibuang dengan benar untuk menghindari masalah yang serius.
Obat-obatan yang telah kadaluarsa tidak dapat memberikan efek seperti obat-obatan yang masih bagus, malahan bila dikonsumsi dapat mengakibatkan kasus-kasus serius, seperti gagal ginjal.
Jangan pernah membuang obat-obatan pada saluran air, karena mungkin saja dapat menimbulkan kelainan pada ikan atau keracunan pada manusia yang mengunakan air yang tercemar bahan obat-obatan. Baru-baru ini sebuah studi dampak lingkungan melaporkan bahwa obat-obatan yang dibuang melalui saluran air dapat memberikan dampak buruk terhadap lingkungan.
Buanglah obat-obatan yang sudah tidak terpakai atau yang kadarluarsa pada tempat yang tidak bisa dijangkau oleh anak-anak dan hewan peliharaan anda. Sebelum membuang obat tersebut, hancurkanlah obat-obatan tersebut baik yang berbentuk padat maupun yang berbentuk cair, masukkan ke dalam kantong plastik, lalu buanglah ke tong sampah, jangan lupa buang juga label obat-obatan tersebut. Hal ini dilakukan karena ada beberapa oknum yang menjual kembali obat-obatan bekas

Dengan membuang obat-obatan kadarluarsa secara benar, kita menghindari pencemaran lingkungan, melindungi diri kita dan keluarga kita dari efek berbahaya dari obat kadaluarsa yang tidak terpakai.