Kita sering mengkonsumsi makanan ataupun suplemen yang mengandung Omega 3. Tapi banyak dari kita tidak tahu apa itu Omega 3, dan apa Manfaatnya bagi kesehatan  kita, padahal Omega 3 sangat penting bagi kesehatan kita, oleh karena itu berikut ini penjelasan tentang Omega 3.

Mengapa kita memerlukan Omega 3? Sama seperti vitamin dan nutrisi lainya, Asam Lemak Omega 3 atau yang sering disebut Omega 3 merupakan sejenis lemak yang tidak diproduksi oleh tubuh, oleh karena itu kita harus memenuhinya dari makanan yang kita makan. Omega 3 dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan membran sel sehat, meliputi otak kita dan sel sistem syaraf.

Perlu anda ketahui Omega 3 terdiri atas tiga jenis, yaitu: Asam alfa-linolenat (ALA), Asam Eicosapentaenoic (EPA), dan Asam docosahexaenoic (DHA). Ketiga jenis Omega 3 ini sangat diperlukan oleh tubuh kita. EPA dan DHA bisa anda dapat dari ikan, seperti ikan makarel, sarden, tuna, dan salmon. Namun, jika anda tidak suka ikan apalagi yang goreng-gorengan, mungkin anda bisa mendapatkan Omega 3 dari buah-buahan, anda bisa membaca artikel “Daftar 10 Buah yang Kaya akan Omega 3“. Tahu, kacang kedelai, kanola, kenari, dan biji rami merupakan sumber ALA.

Berapa takaran Omega 3 yang dibutuhkan oleh tubuh setiap hari? Menurut American Heart Association, kita harus mengkonsumsi minimal dua porsi per minggu. Namun, takaran yang ideal masih belum jelas, karena kebutuhan tubuh setiap orang berbeda-beda. Ada baiknya anda bertanya pada ahli gizi atau dokter tentang dosis Omega 3 yang tepat, karena bila jumlahnya berlebihan dapat meningkatkan risiko stroke, atau perdarahan yang berlebihan pada beberapa orang.

Omega 3 sangat terkonsentrasi di otak, mereka berguna untuk fungsi kognitif memori otak, dan memainkan peran penting dalam fungsi perilaku kita.  Untuk mengetahui informasi tentang apa saja manfaat  dan fungsi omega 3 bagi kesehatan, Anda dapat mengunjungi artikel “16 Manfaat dan Fungsi Omega 3 Untuk Kesehatan Anda“. Bila anda kekurangan Omega 3, anda dapat mengalami gejalan sebagai berikut:
  • Depresi
  • Kelelahan
  • Ingatan yang buruk
  • Kulit kering.
Omega 3 sangat baik untuk kesehatan, anda bisa memperolehnya dari ikan, buah-buahan bahkan suplemen, yang terpenting konsumsilah sesuai dosis yang tepat.