Penyakit mulut ,seperti penyakit karies dan penyakit periodontal pada gigi dapat menimbulkan penyakit sistemik.Apabila tidak cepat di tanggulangi dapat menyebabkan mikroba dalam plek gigi menyebar dan menimbulkan penyakit sistemik seperti gangguan pada jantung,saluran pernapasan,diabetes,bahkan menyebabkan kelahiran premature.
Demikian dikatakan Guru Besar Bidang Ilmu Kedokteran Gigi Pencegahan/Kesehatan Gigi Masyarakat pada Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara(USU),Prof.Dr.Sondang Pintauli di Medan,kutip antara,Minggu(23/1/11).
  Karies atau gigi berlobang,merupakan penyakit pada jaringan keras gigi yaitu email,dentum dan sementum  yang memfermentasi karbohidrat pada gigi,kata Beliau
  Proses karies ditandai dengan terjadinya demineralisasi pada jaringan keras gigi,diikuti dengan kerusakan bahan organiknya,yang menyebabkan terjadinya invasi bakteri dan kerusakan pada jaringan pulpa,serta penyebaran infeksi ke jaringan periapikal dan menimbulkan rasa nyeri.
  Penyakit periodental merupakan penyakit infeksi yang di sebabkan oleh bakteri yang terakumulasi dalam plak yang menyebabkan gingiva mengalami keradanga,sehigga sering di sebut juga penyakit plak.
  Beliau juga mengatakan, sama seperti organ tubuh lainnya,rongga mulut merupakan tempat berkumpulnya bakteri aerob maupun anaerob.Bakteri rongga mulut dapat menyebar melalui aliran darah yang di sebut juga bakte remia.
  Dari penelitian di laporkan bahwa bakteremia terjadi pada 100% pasien setelah pencabutan gigi,70%setelah pembersihan karang gigi,dan 20%setelah perawatan saluran akar gigi.***

Sumber:Warta Top