Merawat kulit wajah supaya kelihatan sehat,segar,dan halus tak perlu mahal,tidak perlu mendatangi klinik kecantikan ataupun membeli masker produk pabrik yang tentu harganya mahal.Cukup dengan memanfaatkan buah-buahan yang banyak berada di sekitar kita.Dengan mengolah buah buahan menjadi masker kecantikan untuk kulit wajah kita supaya tidak kusam ataupun kusut setelah kita melakukan aktivitas.

        Alpukat,buah yang satu ini ternyata memiliki kandungan asam amino dan vitamin yang sangat tinggi,sehingga sangat baik untuk mencegah penuaan dini dan cocok untuk kulit yang kering.Caranya membuatnya adalah dengan menumbuk daging buah alpukat,lalu aduk bersama sedikit susu. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit,lalu bilas dengan air hangat.
        Anggur,berbeda dengan alpukat,buah anggur cocok untuk segala jenis kulit,ini karena karena anggur kaya akan ; mineral,kalsium ,magnesium, potassium,vitamin B1,B2,B3,B5,B6,dan C,juga senyawa-senyawa flavonid.Caranya hanya dengan menghancurkan beberapa buah anggur dan saring air sarinya.Oleskan pada wajah dan diamkan selama 20 menit,lalu bilas dengan air hangat.
        Pisang,pisang juga tidak kalah dengan buah lainnya ,memiliki kandungan diantaranya;serotonin, pectin, tannin, noradrenalin, dopamine, dan juga vitamin A,vitamin B kompleks, dan vitamin C.Sehingga masker buah pisang sangat cocok untuk melembabkan kulit wajah yang sudah kusam.Untuk membuatnya ,gunakan pisang ambon,kemudian ditumbuk sampai halus,tambahkan sedikit minyak zaitun untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.Masker ini cocok diaplikasikan secara rutin.
        Strawberi,buah ini mengandung asam salsilat yang tinggi.Asam salsilat dapat mengencangkan kulit dan kandungan silica, serta vitamin B, C, E, dan K dapat menyehatkan dan meremajakan kulit.Caranya dengan membersihkan buah strawberi dari tangkai dan daunnya.Kemudian hancurkan sampai berbentuk bubur dan biarkan pada wajah sampai 15 menit.Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal,bisa ditambahkan sedikit kocokan putih telur atau beberapa tetes air mawar.
        Lemon,buah ini banyak mengandung vitamin A, C, B1, B2, dan B3. Buat anda yang memiliki kulit berminyak ,masker lemon ini baik sekali di gunakan setiap hari.Caranya dengan mencampurkan satu sendok teh air perasan buah lemon dengan kocokan putih telur,kemudian oleskan pada wajah selama 10 menit,jangan lupa bilas dengan air hangat sesudahnya.
        Tomat,bagi yang ingin kulit wajah lebih halus ,masker buah tomat solusinya,ini tak lain karena  buah tomat mengandung ;protein, fosfor,besi dan belerang.Vitamin A,B1,dan C.Pilih tomat yang sudah matang, kemudian iris dan langsung gosok ke wajah.Gunakan secara rutin biar kulit wajah menjadi lebih halus.
Masker buah-buahan tersebut ,sebelum di gunakan ke wajah,sebaiknya oleskan dahulu pada punggung tangan dan biarkan beberapa menit.Apabila setelah beberapa menit tidak terjadi gatal-gatal ataupun panas berarti kulit anda tidak alergi dengan masker buah tersebut,dan baru bisa digunakan pada wajah.Selamat mencoba!
Sumber:SUARA RAKYAT(19/10/2010)