Diabetes merupakan penyakit yang menimbulkan banyak komplikasi.Pada sistem pembuluh darah kecil(mikrovaskular) diabetes menyebabkan gangguan ginjal dan mata.Adapun pada sistem pembuluh darah besar (makrovaskular),komplikasi yang timbul antara lain jantung,stroke,dan ganggren!..

Untuk mencegah dan mengobati masalah mikrovaskular diperlukan pengendalian kadar gula darah sampai mendekati normal,sedangkan untuk masalah makrovaskular perlu di lakukan pengendalian kolesterol,trigliserida,tensi darah,dan berat badan,”kata spesialis penyakit dalam dr.Slamet Suyona SpPD pada seminar bertajuk Diabetes Update The Past,The Present and The Future,di RS PGI Cikini,Jakarta(30/10/2010).
   Pada kesempatan sama,spesialis mata dr Gilbert Simanjuntak SpM mengungkapkan,umumnya terdapat jeda 3-5 tahun semenjak diabetes  diderita hingga timbul komplikasi diabetic retinopathy (DR),yaitu pembengkakan pusat penglihatan karena timbunan cairan,perdarahan,dan timbulnya pembuluh darah baru.”Untuk pengobatan awal,biasanya di lakukan laser pada DR. Langkah itu bisa mencegah perburukan hingga 60%,” ujar Gilbert.
   Sementara itu pencegahan komplikasi stroke dapat di lakukan dengan penerapan gaya hidup sehat.***
Sumber:MEDIA INDONESIA(3/11/2010)