Di kehidupan modern saat ini, tidur menjadi hal yang sangat sulit dilakukan, orang- orang bisa bergadang sampai tengah malam, entah itu sedang internetan ataupun nonton bola. Insomia juga salah satu penyebab umum seseorang susah tidur, hal ini tentu saja sangat menggangu, berikut ini tips-tips yang mungkin bisa membantu mengatasi masalah insomia yang sedang Anda alami.

  • Jangan makan makanan yang terlalu berat sebelum tidur. Makan makanan berat seperti nasi sebelum tidur, sebisa mungkin dijauhkan. Karena tubuh Anda akan menghabiskan banyak energi untuk menyerap atau mencerna makanan. Pada saat kita tidur tubuh kita masih bekerja, hal ini tentu menggangu proses tidur.
  • Tidurlah secara reguler. Maksudnya disini biasakan rutin tidur pada jam tidur, jangan sering bergadang, karena akan menggangu siklus tidur Anda.
  • Sebelum tidur, pastikan tidak ada yang menggangu, entah itu bunyi HP, atau pun karena pencahayaan kamar yang terlalu terang, kondisikan kamar tidur Anda, sehingga Anda nyaman untuk tidur.
  • Jangan berolahraga sebelum waktu tidur, Kadar hormon stres seperti kortisol dan norepinephrine meningkat selama Anda berolahraga saat malam hari. Hal ini akan membuat Anda susah untuk tidur.
  • Kurangi konsumsi kopi, jika pun anda ingin minum kopi, minumlah 4 jam sebelum waktu tidur, agar terhindar dari Insomia.
  • Membaca buku, atau bacaan ringan sebelum tidur, mungkin dapat membantu Anda tertidur.
  • Terlalu stress, atau sedang berpikir keras akan membuat Anda susah tidur, cobalah untuk rileks dan melupakan sejenak persoalan, dan mulailah tidur.
  • Mendengarkan musik-musik mellow atau musik yang berirama lembut dapat membuat Anda santai dan membantu proses tidur.
Bila masalah insomia yang Anda alami tidak juga kunjung terobati, mungkin Anda bisa mendapat pendapat dokter Anda dan mendiskusikannya. Tidur yang berkualitas sangat berpengaruh terhadap produktifitas seseorang, jadi mulailah untuk tidur dengan nyenyak.