Tomat, Buah atau sayuran sih? Hal ini sering sekali menjadi pertanyaan, tapi di sini, kita bukan membahas itu, melainkan manfaat kesehatan dari Tomat. Buah merah yang satu ini memiliki banyak manfaat kesehatan bagi kita, Apa saja fungsi dan manfaatnya, berikut penjelasannya:
  • Sebagai Anti-oksidan, Tomat mengandung banyak vitamin A(beta-karoten) dan C. Vitamin yang terdapat pada tomat bertindak sebagai anti-oksidan, bekerja menetralisir radikal bebas. Radikal bebas sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan kerusakan sel. Semakin merah tomat, maka semakin banyak pula kandungan beta-karoten di dalamnya. 
  • Untuk para penderita Diabetes, Tomat memiliki kandungan mineral kromium, yang membantu menjaga tingkat gula darah.
  • Berguna bagi para Perokok, Mengapa? karena Tomat mengandung asam klorogenat dan asam coumaric, yang membantu untuk melawan beberapa karsinogen yang dibawa oleh asap rokok. Tetapi lebih baik lagi jika Anda berhenti merokok.
  • Membantu meningkatkan penglihatan, Hal ini sudah cukup jelas, karena Tomat memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik bagi kesehatan mata.
  • Untuk kesehatan Jantung, Tomat mengandung kalium dan vitamin B, yang membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol tinggi. 
  • Untuk Kesehatan dan Perawatan kulit, Tomat juga mengandung likopen dalam jumlah yang tinggi. Anda cukup memotong tomat menjadi beberapa potong dan meletakkannya pada bagian kulit wajah Anda, biarkan selama 10 menit, kemudian bilas.
  • Untuk Kesehatan Rambut, Vitamin A yang terdapat pada Tomat sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut, agar terlihat mengkilap dan kuat.
  • Untuk Kesehatan Tulang, Tomat mengandung vitamin K dan kalsium yang cukup banyak, sangat baik untuk membantu memperkuat tulang
Perlu Anda ketahui bahwa memasak tomat, akan menghancurkan sebagian besar vitamin C. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa likopen pada tomat, dapat membantu mengurangi kemungkinan kanker prostat pada pria, dan juga mengurangi kemungkinan kanker perut dan kanker kolorektal. Tomat yang dimasak menghasilkan likopen lebih banyak daripada tomat mentah, jadi terserah Anda, mau makan tomat secara langsung atau dimasak terlebih dahulu.