Kesibukan dan rutinitas yang tidak ada henti-hentinya dan monoton setiap hari tentu akan membuat pikiran kita jenuh dan akhirnya membuat kita kebosanan dan kurang konsentrasi. Banyaknya pikiran dan stress akan membuat kita kelelahan pikiran.

Berikut ini beberapa cara untuk menyegarkan kembali otak Anda. Cara-cara ini telah terbukti secara ilmiah efektif membuat otak kembali fokus dan berkonsentrasi untuk kurun 25 menit (pada orang dewasa), seperti dilansir Lifemojo. Berikut tips-tipsnya:
  1.  Musik, Mendengarkan musik akan sangat bermanfaat untuk mengurangi beban mental atau pikiran. Kosongkan pikiran Anda dan mendengarkan musik. Musik akan membuat Anda merasa lebih baik.
  2. Olahraga. Melakukan aktivitas fisik secara teratur seperti berenang setiap pagi adalah cara yang ampuh untuk menenangkan pikiran Anda. Aktifitas fisik dapat merangsang energi fisik dan kejernihan pikiran di samping semua manfaat kesehatan.
  3. Tertawa. Tertawa adalah obat terbaik untuk menangkal kebosanan. Olahraga, tawa dan humor dapat melepaskan endorphin yang memperbaiki mood dan perasaan bahagia.
  4. Bersosialisasi. Manusia adalah makhluk sosial. Interaksi antar manusia tampaknya akan menjaga pikiran Anda tetap segar. Lakukan kontak dengan orang-orang baru atau menelepon teman.
  5. Tidur. Tidur yang baik adalah fondasi untuk produktivitas yang kuat. Beberapa menit tidur siang dapat  menyegarkan kembali pikiran dan membuat Anda merasa lebih baik.
  6. Mencium aroma segar. Wangi kopi, aromaterapi atau bau yang segar dapat dengan mudah  mengembalikan semangat dan memperbarui pikiran Anda.
  7. Mandi. Mandi air hangat sangat baik untuk membantu menenangkan pikiran dan otot-otot tubuh.