Apakah Anda merasa pusing setelah makan daging? Beberapa orang merasa pusing setelah makan beberapa jenis daging, seperti daging kambing. Bagaiman hal ini dapat terjadi? rupanya penyebabnya adalah kandungan zat besi dan tiramin yang terdapat dalam daging. Berikut Penjelasannya!

Gejala sakit kepala dan pusing yang Kita alami merupakan dampak dari kurangnya asupan gula ke otak, gula merupakan makanan bagi otak untuk bekerja dengan baik. Memakan daging yang mengandung banyak kandungan protein dapat mengurangi asupan gula ke otak. Tetapi penyebab utama mengapa seorang sering pusing setelah makan daging kambing adalah karena daging kambing mengandung zat tiramin dan zat besi. Tiramin juga tidak hanya terdapat pada daging, tetapi pada keju dan anggur. Gejala pusing dan sakit kepala biasanya muncul 12 jam setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung zat tiramin dan zat besi.
Tubuh memerlukan zat besi sebagai bahan baku untuk memproduksi hemoglobin, yang berfungsi untuk mengangkut oksigen ke dalam darah. Tapi kelebihan zat besi bisa menjadi racun yang memicu pusing dan sakit kepala.

Menurut National Poison Control Center, gejala-gejala yang biasanya muncul karena kelebihan besi besi adalah pusing, mual, sakit kepala dan sesak napas. Beberapa orang memiliki gangguan genetik yang disebut hemchromatosis, Akibatnya tubuh si penderita akan memproduksi zat besi Secara berlebihan. Untuk menangani masalah ini, si penderita harus melakukan diet rendah zat besi, dan jangan mengkonsumsi suplemen zat besi atau penggantian darah (phlebotomy).