Amoksisilin adalah obat yang biasa diresepkan, namun ada beberapa orang tertentu yang alergi terhadap amoksisilin. Alergi terhadap amoksisilin akan menyebabkan gejala tertentu pada diri seseorang dan merugikan. Mengapa penting untuk mengidentifikasi gejala-gejala alergi terhadap amoksisilin?

Karena akan membantu kita memahami reaksi alergi yang muncul, dan kita dapat menghentikan asupan obat sehingga keparahan efek samping dari obat dapat dikurangi. Berikut ini gejala-gejala alergi Amoxicillin.

  • Ruam kulit. Ruam kulit dapat terjadi di seluruh tubuh atau di bagian tertentu. Biasanya ditandai dengan kemerahan pada kulit, pembengkakan serta benjolan (kadang-kadang gatal) dan bintik-bintik di atas permukaan kulit. Hal ini adalah salah satu gejala yang paling umum dari reaksi alergi terhadap amoksisilin pada anak-anak maupun orang dewasa.
  • Gatal dan Pembengkakan. Anda merasa sensasi gatal pada daerah-daerah tubuh, terutama di lipatan kulit. Hal ini dapat menyebabkan banyak ketidaknyamanan dan menyebabkan infeksi karena menggaruk dengan kuku yang kotor. Selain gatal, bengkak juga merupakan efek samping dari amoksisilin yang dapat terjadi. Terutama pembengkakan tenggorokan, wajah, bibir dan lidah.
  • Peradangan. Peradangan dan sensasi terbakar terasa pada tubuh. Hal ini sering terjadi pada otot-otot wajah dan dapat menyebabkan sensasi terbakar di pipi, kelopak mata bawah, bibir, di sekitar mulut dan hidung. Hal ini juga dapat menyebar ke bagian tubuh yang lain.
  • Mual. Mual merupakan gejala yang sangat umum disebabkan oleh asupan obat amoksisilin. Hal ini dapat menyebabkan kelemahan dan hilangnya nafsu makan sebagai efek langsung.
  • Masalah Pencernaan. Ada beberapa masalah pencernaan yang dapat muncul sebagai gejala alergi amoksisilin, yang meliputi tingkat keasaman, mulas, diare serta nyeri perut.
  • Reaksi parah. Ada reaksi lain yang dapat muncul sebagai akibat dari penggunaan obat amoksisilin. Berikut Ini adalah reaksi parah yang dapat disebabkan karena penggunaan terus dan dosis obat:
    Pengelupasan kulit pada tangan dan kaki
    Pengembangan lepuh dan bisul di mulut, punggung dan alat kelamin
    Kejang
    Sesak napas
    Kesulitan bernafas
    Hidung tersumbat
    Nyeri di daerah perut
    Warna urin menjadi gelap
    darah dalam tinja
    Melemahnya fungsi hati
    Infeksi jamur
    Munculnya penyakit ginjal
    Asma
Tingkat keparahan dari reaksi alergi penggunaan amoksisilin akan tergantung pada lama penggunaan serta dosis yang tinggi. Beberapa gejala umum seperti gatal, ruam dan bengkak dapat diatasi dengan mudah, reaksi parah perlu ditangani dengan serius sebelum terjadi komplikasi dalam tubuh. Menghentikan penggunaan obat serta konsultasi dokter perlu dilakukan segera, sehingga pengobatan yang tepat dapat dilakukan. Jangan pernah abaikan gejala-gejala yang ada.