Kita mungkin sering bertanya-tanya apa perbedaan antara progesteron dan estrogen? Berikut penjelasannya. hormon memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Dalam istilah sederhana, hormon dapat didefinisikan sebagai bahan kimia yang bertanggung jawab untuk melaksanakan berbagai fungsi dalam tubuh manusia.

Progesteron dan estrogen adalah dua hormon yang paling penting dalam tubuh wanita. Kedua hormon ini adalah hormon steroid yang bertanggung jawab untuk berbagai karakteristik dalam tubuh perempuan. Namun, ada banyak perbedaan antara kedua hormon ini.
Estrogen dan Progesteron
Estrogen, progesteron dan testosteron adalah tiga hormon seks utama dalam tubuh wanita. Mereka memainkan peran penting dalam proses kehamilan, siklus menstruasi, dll dalam tubuh wanita. Ketika membandingkan estrogen dengan progesteron, telah diamati bahwa ada banyak persamaan antara kedua hormon ini daripada perbedaannya. Keseimbangan hormon ini harus dijaga. Estrogen, dan progesteron, bekerja sama untuk mempertahankan siklus menstruasi yang normal dan kehamilan.
Persamaannya
Selama proses ovulasi, tingkat estrogen meningkatkan dalam tubuh. Tingkat progesteron meningkat hanya ketika telur dilepaskan. Fugsi progesteron mempersiapkan rahim untuk implantasi dan juga menjaga elastisitasnya. Fungsi estrogen menebalkan endometrium dan mempersiapkannya untuk kehamilan. Oleh karena itu, kedua hormon ini memainkan peran penting dalam kehamilan.
Jika pembuahan tidak terjadi, tingkat estrogen dan progesteron akan turun dan terjadilah menstruasi. Baik progesteron dan estrogen, juga memiliki peran dalam pengendalian kelahiran. Pil KB yang mengandung kedua hormon ini menjaga kadar hormon ini tetap tinggi dalam tubuh,  Sehingga tubuh Anda tertipu mengira Anda sedang hamil, Oleh karena itu, telur tidak dilepaskan dan kehamilan dapat dihindari.
Perbedaan
Ketika berbicara tentang perbedaan estrogen dan progesteron, kita menemukan meskipun kedua hormon diproduksi dalam indung telur, Hormon perangsang folikel merangsang produksi estrogen, dan Hormon Luteinizing merangsang  progesteron. Estrogen menciptakan proliferasi endometrium, sedangkan progesteron diperlukan untuk menjaga endometrium sekretori. Progesteron sangat penting untuk kelangsungan hidup embrio. Di sisi lain, estrogen penting untuk ovulasi yang tepat. Kedua, perbedaan lain utama antara keduanya adalah bahwa struktur kimianya sangat berbeda.
kelebihan dari kedua hormon menyebabkan beberapa efek samping. Kelebihan estrogen dalam tubuh akan meningkatkan lemak tubuh dan dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Hal ini juga menyebabkan gejala lain seperti depresi, sakit kepala, retensi cairan, dll Gejala-gejala ini dapat diobati dengan meningkatkan tingkat progesteron dalam tubuh.

Perlu diingat juga bahwa tingginya kadar hormon dalam tubuh, khususnya dalam fase menopause, dapat meningkatkan risiko kanker. Tingginya kadar estrogen juga dapat meningkatkan risiko kanker payudara dan endometrium. Oleh karena itu, penting untuk menjaga keseimbangan yang tepat antara tingkat kedua hormon ini.