Kanker kulit menjadi momok menakutkan bagi banyak orang,  kanker dapat disebabkan oleh sejumlah faktor antara lain, radiasi berbahaya, aktivitas virus, predisposisi genetik, dll. Gejala awal kanker kulit yang muncul, nampaknya tidak berbahaya.

Gejala-gejala yang muncul seperti warna kulit berubah, tahi lalat dan kutil, luka pada kulit dan jaringan permukaan (seperti pada gusi, lidah atau bagian dalam pipi), reaksi alergai atau infeksi patogen. Namun, perbedaan mendadak kondisi kulit, perlu diwaspadai, terutama ketika perbedaan tersebut meliputi kombinasi dari perubahan warna, perubahan tekstur, borok yang tiba-tiba muncul, luka yang sulit sembuh dan memar, dll. Ada tiga varian  kanker kulit yang paling umum: kanker kulit karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa dan melanoma maligna dan berikut uraiannya

Kanker Kulit Karsinoma Sel Basal
Kanker ini adalah jenis kanker yang sering menyerang pada umumnya. Tanda-tanda munculnya kanker ini adalah tonjolan kecil, di permukaan kulit, halus dan keputihan, hal ini sering terjadi pada bagian-bagian kulit yang biasanya terkena sinar matahari secara teratur seperti bahu, kepala, leher, punggung atas, dll. Jaringan dermal yang abnormal ini tumbuh sangat lambat dan sering menyerang dan merusak jaringan sekitarnya. Namun, jarang menyebar ke bagian tubuh lainnya. Ketika kanker ini tumbuh lebih besar, akan terjadi pendarahan dan berkerak. Pembuluh darah kecil dapat dilihat melintang di bawah pertumbuhan tumor. Jenis kanker kulit ini disebabkan oleh semacam kerusakan DNA yang spesifik, hal ini terjadi karena paparan sinar matahari yang tidak sehat dan radiasi UV. Diagnosis dan pengobatan dini dapat benar-benar membalikkan kondisi ini tanpa menyebabkan kerusakan jaringan parut banyak. Kanker kulit Karsinoma sel basal adalah bentuk kanker kulit yang paling ringan di antara semua jenis kanker.
Kanker Kulit Melanoma Maligna
Kanker Kulit Melanoma adalah jenis yang paling mematikan dari kanker kulit lainnya. Kanker ini menyerang sel-sel kulit yang bertanggung jawab untuk pigmentasi (melanosit). Meskipun jaringan-jaringan kanker berasal pada kulit, mereka dapat dengan mudah menyebar ke bagian lain dari tubuh melalui darah dan kelenjar getah bening, bahkan kadang-kadang menyebar ke organ internal dan sistem penting. Melanoma adalah salah satu jenis kanker yang dipicu oleh kerusakan DNA dan mutasi genetik keturunan. Namun, dapat juga dipicu oleh paparan radiasi UV dari matahari. Kemoterapi, imunoterapi, operasi, terapi radiasi dan pengobatan adalah pilihan yang paling umum dari pengobatan melanoma ganas.
Kanker Kulit Karsinoma Sel Skuamosa
Kanker sel skuamosa merupakan kanker ganas kedua setelah Kanker Kulit Melanoma Maligna. Jenis kanker kulit biasanya terjadi karena paparan sinar matahari yang berbahaya. Bagian kulit yang terkena mengalami kemerahan dan biasanya sedikit terangkat dibandingkan dengan permukaan kulit sekitarnya, bersisik dan agak tebal dan biasanya terjadi perdarahan. Kanker ini juga dapat menyebar ke organ lain dan bagian tubuh lainnya, biasanya mengikuti jalur darah dan kelenjar getah bening, mirip dengan melanoma. Namun, dibutuhkan lebih banyak waktu untuk menyebar dan menyerang kelenjar getah bening yang terdekat. Virus Human papilloma dan paparan sinar matahari diyakini menjadi penyebab yang paling utama kanker ini.
Terlepas dari berbagai jenis kanker kulit yang disebutkan di atas, ada tipe keempat, yang sangat jarang terjadi tetapi lebih agresif dan mematikan dari semua kanker kulit yang disebutkan di atas. Kanker ini dikenal sebagai Kanker Kulit Karsinoma sel Merkel. Kanker ini sangat ganas dan jaringan ini tumbuh tepat di bawah permukaan kulit dan di bawah folikel rambut. Hal ini diyakini disebabkan oleh strain human polyomavirus yang baru. Sistem kekebalan yang lemah juga dapat membuat seseorang rentan terhadap kanker.