Kudapan atau snack memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari penderita diabetes. Snack diantara waktu makan penting untuk menjaga kadar glukosa darah agar mendekati tingkat normal serta membantu mencegah kadar gua darah rendah (hipoglikemia).

Bagi penderita diabetes, menikmati snack sangat dimungkinkan tanpa mengganggu perencanaan makanan diabetes mereka. Salah satu cara menjaga kadar gula darah dalam takaran seimbang adalah dengan jadwal makan yang teratur dalam menu sehari-hari. Kebanyakan penderita diabetes perlu makan setiap 4-6 jam, dengan menyantap kudapan 1-2 kali per hari. Salah satu santapan kudapan tersebut bisa dilakukan menjelang waktu tidur malam, untuk mencegah rendahnya kadar gula darah ketika sedang tidur.

Berikut daftar makanan ringan untuk diabetes yang dapat Anda pilih :

  • 1 cangkir yogurt rendah lemak dengan 3 gram biskuit
  • 2 potong roti gandum utuh dengan 2 ons dada ayam, selada dan tomat
  • ½ cangkir sereal sarapan (pilih yang kaya serat) dengan 8 ons susu skim
  • ½ roti gandum dengan satu potong keju rendah lemak dan irisan ketimun
  • ½ cangkir strawberry dengan 2 ons keju rendah lemak
  • 1 cangkir campuran sayur hijau, 2 ons ikan tuna, 1 sendok makan minyak zaitun
  • 1 pisang sedang beroleskan 1 sendok makan selai kacang

Yang perlu digarisbawahi saat memilih kudapan untuk diabetes adalah memastikan untuk memilih snack yang kaya serat, cukup protein dan karbohidrat serta rendah kalori. Pastikan Anda membaca label makanan yang akan Anda konsumsi. Jaga pula konsumsi buah dan sayuran segar dan perhatikan makanan utama Anda.

Anda harus kreatif mengatur kudapan yang Anda makan diantara waktu makan besar, pastikan kebutuhan gizi Anda terpenuhi sehingga level gula darah Anda selalu terkontrol. (sehatplus)