Deskripsi
Kanker tulang sangat jarang terjadi. Bagian tulang yang paling sering terkena adalah tulang besar di ujung bawah (tulang paha dan tibia) dan tulang lengan atas (humerus), meski demikian osteosarcoma dapat terjadi di setiap tulang. 

Meskipun kebanyakan osteosarcomas dimulai pada tulang, persentasenya sangat kecil yang dimulai di daerah non-tulang. Tumor jenis tersebut disebut extraskeletal osteosarcomas. Jika tumor ditemukan di satu lokasi dan tidak menyebar ke bagian lain dari tubuh, tingkat penyembuhan adalah 65 sampai 75 persen. Osteosarcoma yang paling lazim diderita orang antara usia 10 dan 30 tahun, meski begitu ostereosarcoma dapat terjadi pada usia berapa pun.

Gejala
* Rentan patah tulang 
* Nyeri tulang
* Pembatasan gerak
* Pincang (jika tumor di kaki)
* Sakit ketika mengangkat (jika tumor di lengan)
* Bengkak, atau kemerahan di lokasi tumor 

Pengobatan
Sebelum operasi besar untuk menghilangkan tumor dilakukan, biasanya pasien dirawat dengan kemoterapi. Caranya adalah dengan menyuntikan obat kuat ke dalam pembuluh darah suapaya tumor menyusut. Kemoterapi juga berfungsi untuk membunuh setiap sel-sel kanker yang mungkin telah menyebar ke bagian tubuh lain.

Pembedahan ini kemudian digunakan untuk menghilangkan tumor yang tersisa.
Pada sebagian besar kasus, pembedahan dapat mengendalikan (untuk sementara) penyebaran tumor ganas. Amputasi jarang dilakukan jika memang tidak diperlukan untuk kesembuhan permanen. 

Sumber: medlineplus, mayoclinic, dan UMM.