Dibandingkan timbunan lemak di bagian tubuh lain, lemak di perut paling banyak menyebabkan masalah. Lemak di perut juga dapat menggangu penampilan, sehingga banyak orang berusaha menghilangkan lemak perut. Ada beberapa cara sehat untuk menyingkirkan lemak di perut.

Jika lemak sudah menumpuk di perut, tubuh tidak lagi menyebarkan kelebihan lemak ke seluruh bagian tubuh. Lemak yang suka ‘berkumpul’ di perut adalah lemak visceral atau intra-abdomen, yaitu lemak yang berhubungan dengan kolesterol tinggi, insulin tinggi, trigliserida tinggi, tekanan darah tinggi dan masalah lainnya.

Inilah yang menyebabkan lemak di perut dapat memicu berbagai penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, hipertensi, kolesterol tinggi, kanker, diabetes, lemot (berpikir lambat), sleep apnea (gangguan tidur) dan masalah kandung empedu.

Berikut beberapa cara sehat untuk dapat menyingkitkan lemak di perut:

Tidak minum alkohol
Alkohol dan gula dalam bir cenderung memperlambat metabolisme tubuh, sehingga menimbun lemak di perut. Minuman beralkohol juga mengandung senyawa estrogenik yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan berkontribusi untuk mendapatkan lemak. Alkohol diketahui memperlambat kemampuan tubuh untuk membakar lemak lebih dari 30 persen.

Lakukan latihan aerobik dan kardiovaskular
Cara yang paling efektif untuk mengurangi lemak di seluruh tubuh termasuk di perut adalah dengan memulai program latihan teratur aerobik dan kardiovaskular.

Latihan yang dapat menghilangkan lemak di perut misalnya berjalan, berenang, berlari, bersepeda, sepak bola, tenis, squash, lompat tali, dayung dan berbagai olahraga lainnya.

Lakukan latihan otot perut
Setelah menghilangkan lemak di tubuh, perlu juga melakukan beberapa latihan yang dapat meningkatkan kekuatan otot perut. Latihan otot perut dapat mencegah lemak ‘berkumpul’ lagi di perut. Contoh latihan yang dapat memperkuat otot perut adalah sit up atau berbagai latihan gym.

Perhatikan makanan
Semua latihan tidak akan berarti bila tidak dikombinasikan dengan diet sehat dan seimbang. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dari makanan:

  1. Minum 8 sampai 12 gelas air putih untuk dapat membantu metabolisme tubuh
  2. Kurangi makanan manis, berlemak, gorengan, makan olahan (keripik, pizza, fast food, soda, kue, dll).
  3. Makan lebih banyak gandum, roti dan sereal.
  4. Perbanyak makan sayur dan buah
  5. Makan lebih banyak serat larut (apel dikupas, gandum, ceri, dll).
Rileks
Pastikan meluangkan waktu dan bersantai secara teratur. Stres telah terbukti menyebabkan ketidakseimbangan hormon, terutama yang melibatkan hormon kortisol, yang dikeluarkan selama stres dan dapat menstimulasi penyimpanan lemak di sekitar perut. (detik)