Saat kita meminum soda, gula dan kafein segera menyeruak ke dalam tubuh memangkas energi kita. Meski sudah tahu mengenai gambaran buruk efek meminum soda, tetap saja banyak yang merasa tak keberatan dengan itu.

Hanya sedikit yang benar-benar peduli. Yang perlu diketahui di sini adalah bukan efek kita meminum soda hari ini, tapi efeknya dalam jangka panjang. Berikut gambaran singkat, dalam beberapa tahun, apabila kita terlalu sering meminum soda.

1. Anda akan lebih gemuk
Menurut penelitian di Nurse Health Study yang memantau kesehatan 90 ribu perempuan selama delapan tahun menyebutkan minum soda tunggal setiap hari dalam seminggu akan menambah berat badan 4,5 kg dalam empat tahun.

2. Risiko diabetes meningkat
Dalam studi Nurses Health juga, dikatakan perempuan yang meminum setidaknya satu minuman berpemanis dua kali lebih mungkin untuk mengidap diabetes tipe 2 jika dibandingkan dengan mereka yang jarang mengonsumsi minuman ini.

3. Lebih berisiko penyakit jantung
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2007 dalam jurnal Circulation dari American Heart Association, orang yang minum soda setiap hari selama empat tahun memiliki risiko 25 persen lebih besar mengalami peningkatan kadar gula darah dan 32 persen lebih mungkin mendapatkan kolesterol baik, Studi Nurses Health juga menemukan bahwa perempuan yang minum lebih dari dua minuman manis per harinya memiliki risiko 40 persen lebih tinggi mengalami serangan jantung atau kematian akibat penyakit jantung jika dibandingkan dengan perempuan yang jarang minum minuman manis.

4. Cenderung tidak sehat

Dalam beberapa penelitian, termasuk studi yang dipublikasikan dalam Circulation 2007, menunjukkan bahwa soda diet memiliki beberapa efek yang sama pada kesehatan seperti minuman soda biasa, walaupun tidak memiliki atau mengandung sangat sedikit gula. Mengapa? Karena, minum soda biasanya merupakan bagian dari gaya hidup keseluruhan yang tidak sehat. (Media Indonesia)