Biasanya dalam program penurunan berat badan, dibutuhkan diet yang ketat dan terencana. Sayangnya, tidak semua orang sanggup menjalani diet dengan teratur.

Nah, jika Anda termasuk orang yang sulit menghindari makanan manis dan berlemak atau mungkin terlalu sibuk mengatur pola diet, cara ini mungkin bisa berguna bagi Anda. Simak 4 tips menurunkan berat badan tanpa harus berdiet ketat:

1. Hindari Kopi
Ada beberapa anggapan yang menyebutkan, kopi bisa membantu metabolisme tubuh berjalan dengan baik. Tapi di sisi lain, minuman yang satu ini juga bisa meningkatkan adrenalin dan kadar insulin. Akibatnya, kadar gula darah meningkat, yang berakibat hasrat untuk ngemil juga bertambah. Daripada kopi, lebih baik Anda meminum teh putih atau hijau, yang kaya akan anti-oksidan. Selain menjaga tubuh dari radikal bebas, anti-oksidan juga membantu penurunan berat badan secara bertahap. Konsumsilah teh tidak lebih dari 5 cangkir sehari.

2. Makan Snack Tinggi Kalori dengan Perlahan
Keripik kentang, cake atau cookie cokelat merupakan camilan dengan rasa yang lezat, namun tinggi kalori dan gula. Boleh saja mengonsumsi camilan ini, asalkan memerhatikan porsinya. Untuk memastikan konsumsi snack Anda tidak berlebihan, cobalah kunyah dengan perlahan.

Memakannya secara perlahan akan memberi waktu bagi tubuh untuk menyerap glukosa dan kalori yang diperlukan tubuh, tapi mencegahnya agar tidak terserap berlebihan. Selain itu, makan gigitan demi gigitan kecil akan membuat tubuh cepat kenyang sehingga Anda pun tidak kalap melahapnya sampai habis.

3. Tidur yang Cukup
Sejumlah studi membuktikan bahwa orang yang kekurangan tidur, memiliki sistem metabolisme tubuh yang lambat. Kurang tidur juga membuat seseorang sulit mengontrol hasrat makan dan rasa laparnya. Oleh karena itu, jika Anda ingin menurunkan berat badan tanpa diet ketat, pastikan Anda tidur 8 jam sehari dengan kualitas yang baik.

4. Tingkatkan Konsumsi Magnesium & Potassium
Memperbanyak konsumsi magnesium dan potassium bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu membakar lemak tanpa Anda sadari. Makanan yang kaya magnesium dan potassium di antaranya gandum utuh, kacang, pisang, paprika, kentang dan wortel. Masukkan beberapa makanan ini dalam menu harian Anda secara bergantian, sebagai camilan sehat. (walipop)