Manhattan, Hamil tapi tubuh tetap terlihat kurus kini makin digemari perempuan berbadan dua. Akibatnya banyak ibu hamil yang mengalami mommyrexia karena berusaha keras agar tetap terlihat langsing saat sedang hamil. Semuanya demi penampilan tapi mommyrexia tidak menjadikan lebih sehat.

Gejala mommyrexia paling banyak dilakukan kalangan selebritas. Presenter cantik Bethenny Frankel dan Victoria Beckham adalah contoh selebritis yang tetap langsing selama masa kehamilannya. Wanita-wanita tersebut juga tampak dapat menurunkan berat badan hanya dalam beberapa minggu setelah persalinan.

Hal ini akhirnya memicu meningkatnya tren mommyrexia di kalangan wanita hamil. Mommyrexia adalah wanita hamil yang berusaha keras agar tetap terlihat langsing saat hamil.

Wanita yang mengalami mommyrexia biasanya sangat hati-hati dengan asupan kalori makanannya, serta melakukan olahraga secara berlebihan selama kehamilan untuk menghindari peningkatan berat badan berlebihan pada bayi dan tubuhnya.

Beberapa wanita mommyrexia bahkan menginginkan proses persalinan melalui operasi caesar di bulan kedelapan kehamilan dan tidak mau menyusui. Semua hal tersebut dilakukan agar tubuhnya tetap langsing.

“Yang mungkin menjadi korban mommyrexia adalah wanita yang menganggap keindahan adalah bagian dari daya tarik mereka, wanita yang takut akan kehilangan perhatian suami mereka. Ini adalah lingkaran setan, wanita yang khawatir kehilangan suami akan mengabaikan bayi dan bahkan bisa membenci bayinya,” kata Ishak Herschkopf, psikiater Manhattan yang menangani selebritis dengan gangguan makan, seperti dilansir NYPost, Selasa (21/6/2011).

Mengalami kenaikan berat badan berlebih saat hamil memang dapat membahayakan bayi dan tubuh ibu hamil sendiri. Namun, bukan berarti wanita dengan mommyrexia bisa lebih sehat. Proses kehamilan yang wajar sangat disarankan untuk dilakoni ibu hamil.

Sumber:Detik