Sembelit atau susah buang air besar(BAB) pada bayi adalah salah satu gangguan yang sering dihadapi oleh para orang tua. Beberapa orang tua menggangap bahwa kandungan zat besi pada susu formula bertangung jawab atas masalah sembelit yang dialami oleh bayi. Apakah pernyataan itu fakta? Atau hanya sebuah mitos, mari kita cari tahu kebenarannya.

Susu Formula bisa menjadi pilihan terbaik ketika para ibu tidak mampu memenuhi kebutuhan gizi sang bayi melalui ASI. Kebanyakan susu formula yang beredar di pasar mengandung zat besi. Menurut studi klinis yang dilakukan oleh American Academy of Pediatrics, susu formula yang diperkaya zat besi tidak menyebabkan sembelit pada bayi. Faktanya, zat besi sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi, karena tanpa zat besi, pertumbuhan dan perkembangan bayi dapat terhambat. Menurut statistik yang ada, kasus anemia pada bayi yang mengkonsumsi zat besi pada susu formula telah menurun sebesar 17%. Zat besi diperlukan untuk pembuatan sel darah merah baru.
Beberapa orangtua memilih susu formula rendah zat besi karena takut bayi mereka akan mengalami sembelit, namun, bila terus memilih susu formula rendah zat besi dalam waktu yang lama akan mengurangi asupan zat besi pada bayi dan memberikan efek yang buruk. Menurut sebagian besar pediatri di seluruh dunia, penurunan asupan zat besi bisa mengakibatkan perkembangan otak bayi menjadi lambat dan dapat menunda para bayi  untuk merangkak, berjalan dan berguling.
Hal yang paling penting mengapa susu formula mengandung zat besi adalah karena zat besi sangat penting untuk pertumbuhan bayi. Zat besi sangat penting untuk proses metabolisme dan membantu dalam mengatur suhu tubuh. Zat besi diperlukan dalam jumlah yang cukup oleh mioglobin, mioglobin adalah pigmen protein yang mengikat oksigen yang ditemukan dalam jaringan otot yang selanjutnya membantu tubuh untuk mensintesis. Zat besi diperlukan untuk memproduksi hemoglobin, hemoglobin bertughas untuk membantu mengangkut oksigen ke semua jaringan tubuh.
Menurut pediatri, sembelit dapat disebabkan oleh faktor lain, seperti perubahan pola makan yang mendadak, pengenalan makanan padat, asupan air yang rendah dan makanan yang rendah serat. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter anak, untuk menemukan penyebab masalah sembelit yang terjadi pada bayi Anda. Hal yang paling penting yang perlu Anda ketahui adalah Susu formula yang diperkaya dengan zat besi tidak menyebabkan sembelit. Bahkan, zat besi sangat diperlukan sekali untuk pertumbuhan dan perkembangan sang bayi.