Osteoartritis adalah suatu kondisi dimana adanya rasa nyeri pada sendi akibat dari gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi. Penyakit ini sering menyerang persendian tubuh, seperti tulang belakang, pinggul, lutut, kaki dan tangan. Penyakit ini umumnya disebabkan karena kurangnya pelumas antara sendi. Penyebab lainnya adalah karena keausan dan melemahnya tulang rawan pada engsel. Tulang rawan bertugas untuk melindungi sendi dan memungkinkan tulang bergerak dengan bebas dan mudah. Namun karena berbagai faktor tulang rawan menjadi aus dan lemah, sehingga gesekan antar tulang terjadi dan menyebabkan rasa nyeri. Biasanya Osteoartritis lebih sering terjadi pada perempuan ketimbang pria.
Sebenarnya ada cara yang mudah untuk mencegah kondisi ini. Berikut ini tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah osteoartritis:
  1. Lakukan latihan atau olahraga secara teratur. Hal ini sangat baik untuk menghindari osteoarthritis. Dengan olahraga teratur, Anda memperkuat otot dan membuat persendian fleksibel. Lakukan latihan atau olahraga yang low impact seperti yoga, berenang, berjalan dan pereganga yang akan memperkuat otot dan melonggarkan sendi Anda.
  2. Postur tubuh yang benar. Cobalah untuk mempertahankan postur tubuh yang baik ketika duduk dan berdiri.
  3. Hindari stres atau tekanan berlebihan pada Persendian. Olahraga-olahraga high impact bisa meningkatkan risiko cedera sendi, apalagi Anda sudah tidak muda lagi. Jika olahraga yang Anda lakukan melakukan gerakan tertentu secara berulang-ulang dan Anda merasakan sakit, Anda bisa menghentikan latihan tersebut atau melakukan latihan lain yang tidak terlalu memberi tekanan pada sendi.
  4. Jagalah berat badan Anda. Osteoarthritis sering terjadi pada orang gemuk. Lutut bertanggung jawab untuk membawa berat badan Anda dan kelebihan berat badan dapat memberikan tekanan berlebih pada lutut dan sendi pinggul. Usahakan berat badan Anda proposional, selain dapat mengurangi risiko osteoartritis, Anda dapat terhindar dari berbagai penyakit lainnya.
  5. Jangan abaikan rasa sakit. Rasa sakit yang terjadi ketika Anda melakukan latihan atau olahraga merupakan suatu sinyal bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Bila terlalu banyak tekanan pada sendi Anda dapat menggunakan minyak pijak pada bagian yang sakit, rasa panas akan melonggarkan sendi Anda.
Itu tadi tips-tips berguna untuk mencegah osteoartritis. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter, jika rasa sakit semakin memburuk. Ingat pencegahan lebih baik dari pada mengobati.