COBA Anda kunjungi toko buku, pasti ada banyak sekali buku yang bertemakan seputar cara menurunkan berat badan, termasuk cara diet. Namun, bagaimana bila Anda bukan mencari makanan untuk menurunkan berat badan tapi mampu menjaga dan membentuk proporsi tubuh yang sehat?

Anda bisa mulai dengan lima pilihan makanan di bawah yang merupakan makanan sehat nan bergizi yang baik untuk dimakan sekaligus menjaga proporsi tubuh ramping.

1. Apel
Apel merupakan sumber serat yang sangat baik. Serat tidak hanya melancarkan sistem pencernaan dan mengurangi kolesterol, tetapi juga tidak menyumbangkan banyak kalori sekaligus menjaga rasa kenyang. Dalam sebuah studi, disebutkan bahwa perempuan yang makan tiga apel atau pir per harinya lebih mudah menurunkan berat badan.

2. Almon
Jika Anda mencari camilan untuk siang hari, kunyah saja segenggam almon. Menurut sebuah studi pada 2009 yang dimuat di The American Journal of Clinical Nutrition, ditemukan bahwa perempuan yang makan kacang almon setidaknya dua kali seminggu lebih berhasil menjaga berat badan daripada mereka yang tidak makan.

Lebih lanjut, 1 ons almon hanya mengandung 167 kalori, 6 g protein, dan 3 g serat sehingga membuat Anda merasa kenyang lebi lama.

3. Salmon
Makanan laut memang dapat menjadi bagian dari pola makan yang sehat. Terlebih, ada beberapa bukti bahwa lemak dalam makanan seperti salmon dapat meningkatkan tingkat kekenyangan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity menemukan bahwa orang yang makan salmon beberapa kali seminggu, kehilangan sekitar 2 kilogram berat badan lebih banyak jika dibandingkan dengan mereka yang tidak hobi mengonsumsi makanan laut. Selian itu, salmon juga merupakan sumber protein yang baik.

4. Telur
Tidak ada keraguan bahwa protein, seperti halnya serat, mampu membuat kita menyang lebih lama. Meski telur dihindari oleh beberapa orang, tapi sebenarnya telur juga bagus untuk menjaga berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa makan telur saat sarapan dapat membantu Anda melawan penambahan berat badan sepanjang hari. Sebuah studi yang dilaporkan pada 2008 dalam International Journal of Obesity menemukan bahwa makan dua telur untuk sarapan selama lima hari dalam seminggu akan membuat kita kehilangan berat badan 65 persen lebih banyak daripada mereka yang mengonsumsi roti di pagi hari. Beberapa ilmuwan menduga bahwa makan telur di pagi hari dapat membuat kita merasa lebih kenyang sepanjang hari.

5. Tomat
Dari sekian banyak sayuran yang dapat membantu Anda tetap langsing, tomat bisa menjadi pilihan yang sangat baik karena rasanya yang begitu lezat. Satu buah tomat merah hanya mengandung 43 kalori, tapi rasanya tetap lezat tak kalah dengan makanan berkalori tinggi. Dan, tomat juga akan membantu menjaga ukuran lingkar pinggang Anda. (Pri/OL-06)


     Sumber:Media Indonesia