MENJAGA kesehatan jantung bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan memilih dan mengolah makanan yang tepat. Hal ini sangat penting karena Anda tidak mungkin menghindar dari urusan makanan setiap harinya. Berikut beberapa tips dari Yayasan Jantung Indonesia yang bisa menjadi panduan Anda: 

Pedoman makanan untuk jantung sehat

1. Batasilah jumlah asupan kolesterol hingga hanya 300 mg/hari

2. Asupan lemak hanya 25% dari total kebutuhan kalori. Lemak ini terdiri dari 10% lemak jenuh dan 15% lemak tidak jenuh

3. Batasi penggunaan garam dapur serta bahan makanan yang mengandung kadar lemak dan natrium tinggi. Zat ini biasanya banyak terdapat pada pastrycake, coklat dan lain-lain
 
Cara memilih dan mengolah makanan yang dianjurkan

1. Pilihlah daging yang rendah lemak

2. Buanglah semua lemak yang kasat mata dari bahan makanan sebelum dimasak

3. Jika hendak minum susu, pilihlah susu yang rendah lemak atau bebas lemak

4. Hindari memasak dengan santan

5. Cara memasak yang dianjurkan adalah merebus, mengukus, mengungkep, menumis, ataupun memanggang

6. Hindari penggunaan minyak jelantah, selalulah usahakan memakai minyak baru setiap hari. Agar tidak boros, gunakan seperlunya saja saat menggoreng

7. Apabila menggoreng, usahakanlah menggunakan minyak dengan panas sedang

Sumber:Media Indonesia