TERNYATA nyamuk juga cukup selektif lho dalam memilih mangsanya. Dari beberapa jenis mangsa, yang paling digemari nyamuk ternyata mereka yang sering meminum minuman beralkohol. Kenapa ya? 

Para peneliti percaya bahwa nyamuk tertarik terhadap perubahan bau dan napas yang disebabkan oleh alkohol. Ditambahkan, nyamuk bisa belajar untuk mengasosiasikan bau bir dengan menurunnya kesadaran orang yang mabuk.

Tim yang dipimpin oleh para ilmuwan di Pusat Penelitian IRD di Montpellier, Prancis, berharap penemuan mereka ini akan digunakan untuk membantu mencegah malaria, menurut laporan Daily Mail.

Mereka pun menguji teori tersebut terhadap 2.500 nyamuk Anopheles gambiae di Burkina Faso, Afrika Barat. “Penelitian ini memberikan bukti pertama bahwa konsumsi bir meningkatkan daya tarik manusia terhadap nyamuk gambiae, penyebab utama malaria di Afrika,” kata para ilmuwan. Tim menggunakan 25 sukarelawan berusia antara 20 dan 43 tahun. Mereka diberi 1 liter bir lokal, Dolo, sebelum dianalisis berapa banyak nyamuk yang akan terbang menuju mereka. Kemudian nyamuk dimasukkan ke kotak. Mereka diberi pilihan untuk terbang menuju perangkap berupa udara terbuka atau bau manusia.

Para peneliti menemukan bahwa 65 persen nyamuk lebih memilih mendatangi manusia yang beraroma bir. Studi ini dipublikasikan di jurnal PLoS ONE edisi Juni 2011. (Pri/OL-06)


Sumber:Media Indonesia