PARA peneliti di Boston University School of Medicine (BUSM) menemukan bahwa mengonsumsi setidaknya tujuh porsi buah-buahan dan sayuran per hari cukup mengurangi risiko infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) pada ibu hamil.
 
Para peneliti telah mempelajari lebih dari 1.000 perempuan hamil dan menemukan bahwa mereka yang makan buah dan sayuran 26 persen lebih tahan terhadap ISPA daripada mereka yang hanya makan sedikit.

Diketahui, makan buah dan sayuran memang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi sebelumnya belum pernah dikaitkan dengan penurunan risiko ISPA pada perempuan hamil.

Gejala ISPA termasuk pilek dan infeksi sinus memang dapat menyebabkan masalah pernapasan yang serius seperti asma atau pneumonia. Meskipun pada umunya gejala ISPA tidaklah membahayakan, tapi upaya pencegahannya tetaplah penting agar kita tetap bisa berkativitas dengan normal. Terlebih penyakit ini merupakan alasan umum seorang anak untuk tidak masuk sekolah atau karyawan yang absen kerja.

Perempuan hamil yang asupan buah dan sayurnya tergolong tinggi memiliki risiko lebih kecil terkena ISPA selama lima bulan awal. Selama ini, perempuan hamil memang telah direkomendasikan untuk mengkonsumsi setidaknya lima porsi buah dan sayuran per hari. Studi ini menunjukkan bahwa asupan buah dan sayur yang lebih tinggi, 6,71 porsi per hari, terkait dengan penurunan risiko ISPA.

“Perempuan hamil memerlukan lebih banyak buah dan sayuran daripada biasanya karena tuntutan tambahan pada tubuh,” kata penulis senior Martha M Werler MPH ScD, seorang profesor di Slone Epidemiologi Center di Boston University, seperti dikutip dari Times of India, Kamis (9/6). (Pri/OL-06) 

Sumber:Media Indonesia