TAK sedikit anak yang enggan makan. Bagi mereka, aktivitas makan menjadi sebuah kewajiban yang sulit dipenuhi. Maka itu, tak mengherankan pula banyak ibu yang akhirnya merasa kebingungan dan mencari berbagai siasat agar si buah hati bisa makan dengan lahap. 

Namun, janganlah menyerah dan akhirnya memberikan anak makanan apa saja, asalnya disukai seperti memberikan mereka makanan cepat saji. Berikut beberapa tips yang perlu diingat untuk memberikan makanan kepada anak.

1. Sarapan adalah makanan yang penting untuk aktivitas anak seharian. Untuk itu, orang tua setidaknya mesti tetap menyisihkan waktu selama 10-15 menit untuk anak agar menyelesaikan sarapan sebelum ia pergi ke sekolah.

2. Buatlah anak berpikir makanan adalah sesuatu yang menyenangkan. Jangan membuat anak merasa makanan seperti halnya sebuah tugas. Tapi, tetap masukkan bahan substansial yakni karbohidrat dan protein dalam makanan untuk menjaga agar tingkat energi anak tetap tinggi.

3. Berikan menu makanan yang berbeda setiap hari di piring anak. Variasi makanan adalah resep untuk kesehatan yang baik. Cobalah memvariasikan bentuk sajian telur, roti, sereal, dan buah-buahan. Biarkan pula ia memilih menu kesukaannya.

4. Pada dasarnya, makanan untuk anak haruslah mencakup sayuran berdaun hijau dan kacang-kacangan.

5. Perlu diketahui, lemak jenuh kurang baik untuk kesehatan. Maka itu, hindari goreng-gorengan sebagai camilan di siang hari secara. Hindari pula memberikan permen secara berlebihan.

6. Karena aktivitas bermain akan membuat anak banyak berkeringat, pastikan ia minum banyak cairan. Berikan air jeruk nipis atau jus jeruk selain susu dan yoghurt.(Pri/OL-06) 

Sumber:Media Indonesia