KUATKAN TULANG DENGAN MELOMPAT
Setiap orang ingin memiliki tulang yang kuat agar terhindari dari berbagai masalah atau penyakit. Tapi kini ada cara mudah untuk membuat tulang kuat salah satunya dengan melompat. Berdasarkan sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam Osteoporosis International ditemukan bahwa tulang kuat secara harfiah bisa didapatkan dengan suatu loncatan, lompatan atau melompat
jauh.

Dalam studi ini peneliti memeriksa tingkat sekresi fisik dari 1.061 perempuan yang berusia 25 tahun di Swedia dan didapatkat perempuan yang melakukan olahraga high impact mengalami peningkatan mineral tulang (bone mineral density/BMD).

Jika seseorang perempuan sudah berusia 30 tahun, maka tulangnya secara alamiah akan mulai menipis. Tulang yang ada akan lebih cepat daripada tulang yang baru dibuat, sehingga ia lebih lemah dan lebih rentan untuk patah.

Olahraga yang berdampak tinggi (high impact) termasuk berjalan, latihan pliometrik, melompat, lompat tali atau latihan apapun yang melibatkan kedua kakinya diangkat dari tanah pada saat bersamaan.

Peneliti mengungkapkan latihan yang dilakukan ini termasuk olahraga kardio yang bisa berfungsi membakar kalori atau lemak berlebih di tubuh dan juga membantu memperkuat tulang.

Selain itu setiap gerakan yang memberikan tekanan pada tulang belakang bagian pinggul dan tulang lainnya bisa membantu tulang tetap sehat dan kuat. Serta peregangan yang teratur membuat tulang tetap lentur, biasanya hanya dibutuhkan waktu 5 menit untuk lakukan peregangan.

Faktor lain yang bisa dipengaruhi adalah nutrisi atau melalui makanan, salah satunya adalah ikan. Diketahui asam lemak omega-3 dari ikan dapat membantu mencegah kekeroposan tulang (osteoporosis). Sedangkan asam lemak omega-6 yang disebut asam arakidonat, juga dapat mencegah tapi bila dikonsumsi dalam tingkat yang tinggi. (womenhealth)