Sebuah penelitian terbaru dan telah dipublikasikan dalam The Journal of Sexual Medicine membuktikan bahwa seseorang yang berhasil menurunkan berat badan dapat meningkatkan gairah seksual. Kesimpulan ini diperoleh oleh seorang profesor dari Adelaide University, Australia, Gary Witter, yang mempelajari 31 pria obesitas selama delapan pekan.

“Penurunan berat badan saja bisa mengatasi lima persen masalah seksual,” ujar Gary Witter pada Times of India, Senin (8/8).

Witter menjelaskan bahwa jika seseorang terkena diabetes, terutama tipe dua, hampir pasti memiliki masalah dalam fungsi ereksi, libido, dan gangguan saluran kemih. Masalah ini bisa dengan mudah diatasi selama seseorang bisa menurunkan berat badan dengan diet rendah kalori.

Setidaknya, kata Witter, mereka harus kehilangan 600 kalori dari biasanya. Hal ini memang penuh perjuangan, tapi akan memberikan dampak positif pada keharmonisan hubungan dengan pasangan.

Menurut Witter, diet yang sehat harus dilakukan secara teratur setidaknya selama 12 bulan berturut-turut. Dengan begitu orang-orang yang mengidap obesitas dapat merasakan manfaat diet mereka. (liputan6)