Seorang ilmuwan dari University of Southern California (USC) telah menciptakan sebuah virus yang bisa memburu sel terinfeksi HIV. Tak hanya itu, virus ini juga menjadi terobosan baru ke arah penyembuhan penyakit mematikan tersebut.

Menurut vektor lentiviral yang terkait pada sel terinfeksi HIV buatan Dr. Pin Wang, virus itu disebut sebagai “gen terapi bunuh diri”, yang memungkinkan virus ini bekerja mencari target dan menghancurkan mereka.

“Jika Anda menghancurkan semua sel yang terinfeksi HIV, Anda setidaknya sudah memecahkan masalah ini,” kata Wang, profesor teknik kimia di USC Viterbi School of Engineering, seperti dikutip Zeenews, baru-baru ini.

Pendekatan vektor lentiviral yang menargetkan HIV ini memiliki keuntungan untuk menghindari kerusakan kolateral dan menjaga sel-sel yang tidak terinfeksi oleh HIV keluar dari bahaya. Wang mengatakan, akurasi tersebut belum dicapai dengan menggunakan obat saja.

Sejauh ini, vektor lentiviral hanya diuji melalui sebuah wajan kaca penelitian dan hasilnya mengakibatkan kerusakan sekitar 35 persen dari sel-sel HIV yang ada. (liputan6)