Degan atau air kelapa muda sering kita dijadikan minuman pelepas haus atau dahaga, dengan rasanya yang sangat segar. Beberapa diantara kita menyebutkan kalau air kelapa dapat menurunkan berat, mengobati alergi, sampai memperbaiki fungsi ginjal. Betulkah?

Sudah sejak lama air kelapa khususnya yang masih muda (degan) dikenal sebagai minuman yang menyehatkan. Bebas dari segala macam kontaminasi. Ini dikarenakan letak air kelapa tersebut yang berada di dalam tempurung kelapa yang keras dan sabut kelapa yang tebal.

Menurut seorang Profesor dari indonesia yaitu DR. Made Astawan, MS, air kelapa banyak mengandung 0,55 persen protein, 2,6 persen gula, 0,74 persen lemak, dan 0,46 persen mineral. Jenis kadar gula yang terkandung di dalamnya adalah glukosa, fruktosa, dan sukrosa.

Tingginya kadar Kalium Dalam air kelapa juga terdapat vitamin dan Asam Amino. Air degan juga mengandung Tanin, yaitu suatu komponen Fitokimia yang bersifat antibakteri sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri itu sendiri.

Dengan komposisi zat gizinya yang mendekati cairan isotonik, yang sesuai dengan cairan tubuh maka air kelapa dapat menggantikan mineral tubuh yang hilang selama beraktivitas olahraga atau kegiatan lain yang dikeluarkan melalui keringat tubuh.

Untuk lebih jelasnya, dibawah ini ada beberapa fakta air kelapa yang sebenarnya.

1. Berfungsi Membantu menurunkan berat badan
Sebenarnya, apabila diminum secara berlebihan maka air kelapa dapat menyebabkan diare. Sekilas memang berat badan terlihat berkurang setelah itu. Tetapi, bukanlah cara sehat dan tepat untuk bisa mendapatkan berat badan ideal. Sebaliknya, air kelapa bisa membantu melancarkan saluran cerna dan dapat menjadikan stimulan bagi mereka yang mengalami susah BAB atau buang air besar.

2. Kandungan Nutrisi yang lebih lengkap dibanding susu full cream
Anggapan ini keliru. Susu (baik yang full cream atau tidak) lebih kaya akan protein, karbohidrat, lemak dan gula. Disamping itu susu juga mengandung macam-macam vitamin dan mineral seperti vitamin B kompleks, vitamin D, kalsium, potasium, sodium, dan magnesium. Sementara dari air kelapa hanya mengandung beberapa mineral saja.

3. Membantu sistem kekebalan tubuh
Tidak ditemukan literatur ilmiah yang membuktikan bahwa air kelapa dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat dan juga membantu tubuh melawan beberapa virus penyebab penyakit. Satu-satunya cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah zat gizi yang diperoleh dari beragam makanan dan bukan air kelapa.

4. Dapat membantu mencegah terjadinya batu ginjal
Tindakan pertama yang terbukti dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal adalah konsumsi air atau cairan yang cukup. Cairan dapat diperoleh dari air kelapa, air mineral, dan macam lainnya. Air kelapa ataupun air mineral dapat mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal. Akan tetapi, air kelapa tidak dapat menyembuhkan batu ginjal.

5. Menetralkan rasa pusing akibat mabuk alkohol
Mabuk yang disebabkan karena mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan harus segera dinetralkan. Meminum air, baik air mineral maupun air kelapa adalah cara yang tepat dilakukan. Sebenarnya, untuk meredakan rasa mual dan pusing akibat mabuk sangat dianjurkan minum air yang mengandung gula. ini bertujuan agar gula bisa cepat masuk ke dalam pusat susunan saraf dan dapat mengambil alih keterikatan tubuh pada alkohol. Dengan begitu, efek negatif dari mabuk dan mual dapat dinetralkan.