Beberapa orang yang alergi terhadap ikan mampu mengkonsumsi kerang, sedangkan sebaliknya, beberapa orang yang tidak bisa makan kerang dapat mengkonsumsi ikan. Alergi ikan memanifestasikan dirinya ketika individu memiliki reaksi negatif terhadap protein medis tertentu dalam ikan. Banyak orang yang alergi terhadap jenis ikan yang umumnya dikonsumsi oleh orang lain, seperti cod, Pollock, salmon, tuna, dan kakap. Tes alergi dapat digunakan untuk memeriksa apakah seseorang alergi terhadap ikan.

Sebuah alergi ikan lebih sering dimulai dalam usia dewasa dan mungkin menjadi sesuatu yang berlangsung seumur hidup. Karena kenyataan bahwa protein yang menyebabkan reaksi alergi pada orang cenderung ditemukan dalam suatu penampang lebar ikan, orang-orang yang alergi sering kali diberitahu untuk menjauh dari ikan tersebut dan tidak menyentuhnya sama sekali. Namun, jika seseorang ingin terus makan ikan-ikan mereka tidak memiliki reaksi alergi, maka tes alergi dapat digunakan untuk membuat diferensiasi untuk mereka.

Seorang individu mungkin tidak alergi terhadap ikan tertentu, tetapi mungkin alergi terhadap ikan-ikan yang mereka makan sendiri. Meskipun ini adalah alergi biasa, mungkin yang paling menjengkelkan, karena anda mungkin memiliki reaksi alergi terhadap tepung ikan di suatu hari dan waktu hari berikutnya anda tidak memilikinya lagi, itu tidak mempengaruhi anda. Pengujian waspada mungkin satu-satunya cara untuk mengidentifikasi ikan yang menyebabkan alergi pada anda.

Umumnya, alergi ikan menampakkan diri secara fisik yaitu dimana mulut terasa gatal, kulit terjadi iritasi dan ketidaknyamanan dari usus. Beberapa orang memiliki reaksi yang lebih parah, dimana terdapat pembesaran dari saluran udara yang dapat menyebabkan mereka untuk masuk ke shock anafilaksis yaitu kondisi dari reaksi anafilaksis yang disertai hipotensi dengan atau tanpa penurunan kesadaran.

Hal ini penting bagi anda untuk mencari tahu dari orang-orang yang juga mengkonsumsi ikan, jika mereka mengalami reaksi yang sama. Jika tidak, maka anda harus pergi ke dokter untuk mendapatkan tes alergi dan pengobatan jika diperlukan. Namun, apakah ya atau tidak orang lain juga yang memiliki reaksi yang sama, suatu ketika reaksi anda parah, anda harus pergi ke dokter segera.

Seperti disinggung sebelumnya, anda dapat memiliki reaksi alergi terhadap ikan dengan cara kontaminasi silang. Dengan demikian, tindakan hati-hati harus diambil ketika anda memutuskan untuk memesan ikan di restoran. Restoran yang menggunakan panggangan secara tidak sengaja dapat menyebabkan kontaminasi silang ketika udara menjadi konduktor. Orang yang menderita alergi ikan juga harus pintar-pintar memilih atau menghindari restoran Asia atau setidaknya, tanyakan apa yang ada dalam saus mereka, karena banyak saus mereka memiliki ikan di dalamnya. Hidangan Mediterania juga dikenal luas untuk penyertaan ikan dalam bahan mereka. Dengan pemikiran ini, orang-orang yang memiliki riwayat alergi ikan harus memastikan pelayan tau bahwa mereka tidak harus mengkonsumsi ikan dalam bentuk apapun.