Mendengar nama buah pare, tak sedikit orang yang menunjukkan ekspresi kurang nyaman. Maklum saja, buah pare memang dikenal punya rasa pahit yang kuat. Meskipun rasanya pahit, tapi kandungannya sangat mencengangkan lho. Banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari buah lonjong ini.

Salah satu khasiat buah pare yang paling mencengangkan adalah kemampuannya menurunkan gula darah. Kemampuan ini dihasilkan melalui zat di dalam buah pare yang memiliki kemiripan dengan fungsi insulin. Seperti diketahui, penderita diabetes umumnya mengalami kekurangan insulin. Padahal insulin sangat penting untuk menyebarkan glukosa yang menjadi energi di seluruh sel tubuh kita. Dengan adanya kemiripan dari insulin, pare dapat membantu proses distribusi glukosa sehingga kadar gula dalam darah menurun.

Selain itu protein dalam buah pare juga berguna untuk memecah glukosa dan mengubahnya menjadi energi sehingga menurunkan kadar gula dalam darah.

Beberapa penelitian di jepang telah mengumumkan penemuan yang menggemparkan dunia bahwa penelitian tersebut telah berhasil menunjukkan dan membuktikan bahwa pare juga memiliki zat aktif antikanker bernama lesichin. Zat ini mampu melawan sel kanker pada penderita kanker, dan punya khasiat pencegahan bagi orang yang tidak terkena kanker.

Buah pare juga kaya serat, vitamin C, karoten, dan kalium. Seratnya baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, dan karotennya dapat meningkatkan aktivitas dan kesehatan mata, seperti karoten pada wortel.

Kalium punya kemampuan mengatasi konsumsi natrium yang berlebihan sehingga membuat pembuluh darah lebih lentur, sehingga baik untuk kesehatan jantung. Sedangkan vitamin C pada pare punya khasiat memelihara kecantikan kulit dan mengatasi ancaman dari sinar ultra violet.

Nah ternyata ternyata buah pare bermanfaat untuk kecantikan juga kan.., ini dikarenakan setiap 100 gram pare mengandung 120 ml vitamin C. Lalu bagaimana?, ternyata buah pare banyak sekali khasiatnya bukan, dan bagaimana soal rasa pahitnya, Anda bisa merendamnya denga air berkali-kali, atau mencucinya dengan air garam, niscaya rasa pahit tersebut akan hilang. Selamat mencoba.