Mengidentifikasi gejala gula darah tinggi sangat penting agar Anda tidak menderita dari kerusakan yang meluas. Hiperglikemia, ditandai dengan munculnya glukosa atau gula darah dalam tubuh, terjadi sebagai akibat dari ketidakmampuan tubuh untuk membuat insulin atau merespon dengan benar. Insulin adalah penting untuk mengangkut glukosa ke sel-sel untuk membentuk energi. Pada penderita diabetes, tidak mungkin bagi sel untuk menerima insulin yang diperlukan karena tubuh tidak dapat memproduksi atau menggunakan insulin yang cukup. Hal ini menyebabkan deposisi berlebihan glukosa atau gula darah dalam tubuh dan hasil pada hilangnya energi berikutnya.

Peningkatan tingkat gula darah dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang banyak dan berbagai macam tingkatnya. Sangat mudah untuk awalnya tidak mengenali sejumlah gejala-gejala, fakta yang dapat berbahaya karena mencegah diagnosis dan merupakan salah satu masalah utama dengan kondisi ini. Gejala yang sering terlihat samar-samar atau tidak tampak dan mungkin memakan waktu lama untuk sepenuhnya baru akan muncul dan terlihat. Ini sangat penting untuk mendapatkan tingkat gula darah yang diperiksa secara teratur dan menjaga pada gejala-gejala berikut, yaitu :

Mulut kering
Karena kurangnya air liur, mulut menjadi sangat kering dan menyebabkan ketidaknyamanan. Meskipun kekeringan juga dapat disebabkan oleh kegelisahan, ketakutan, atau kurangnya asupan cairan, kondisi tertentu ini ditandai oleh periode kekeringan berkepanjangan yang tidak dapat disembuhkan dengan asupan air atau cairan lainnya.

Cepat dan mudah lelah
Ketidakmampuan tubuh untuk memasok jumlah yang cukup glukosa untuk sel-sel yang akan terjadi perampasan bahan bakar yang diperlukan untuk fungsi sel yang tepat. Hal ini menyebabkan kelelahan berkepanjangan dan fungsi sel-sel menjadi tidak efektif.

Sering buang air kecil
Deposit glukosa yang tidak terpakai dalam tubuh juga akan ditransfer ke ginjal. Meskipun ginjal dapat menyerap glukosa, jumlah yang berlebihan glukosa dapat diserap dan akan menjadi urin. Jadi, penghapusan glukosa sering berarti sering buang air kecil.

Rasa Haus yang Meningkat
Buang air kecil berulang tanpa asupan yang tepat dalam jumlah yang sama dapat menyebabkan orang dehidrasi, yang dapat menyebabkan perasaan haus secara konstan atau berkepanjangan. Peningkatan glukosa di dalam air liur juga dapat meningkatkan rasa haus.

Penurunan Berat Badan Secara Mendadak
Penurunan Berat badan merupakan efek langsung dari kadar gula darah yang meningkat. Ketidakmampuan tubuh untuk mengubah glukosa menjadi hasil energi yang terbuang. Karena glukosa merupakan sumber yang sangat penting dari kalori. Proses ini dimulai ketika tubuh mulai membakar lemak tubuh untuk energi, setelah itu akan menyerang otot-otot yang membuat individu lemah dan sakit.

Hal ini sangat penting untuk mengambil tindakan pencegahan yang tepat untuk menghindari masalah kesehatan yang serius termasuk makan sehat dan tindakan waspada terhadap gejala gula darah tinggi.

Mungkin itulah beberapa cara mengidentifikasi tingkat gula pada darah kita, sebenarnya masih banyak lagi cara-cara yang tentunya belum terangkum disini semua, semoga di artikel yang akan datang dapat saya cantumkan semua, semoga bermanfaat.