Olahraga tentu menyehatkan tubuh, namun bila dilakukan dengan cara yang salah justru hasil yang tidak memuaskan yang kita dapat. Kebanyakan pemula, selalu berolahraga tanpa mempertimbangkan apakah latihan yang dilakukan cocok untuk tubuhnya.

Terkadang, kita frustasi karena hasil latihan yang kita lakukan selama ini tidak tampak. Hal ini disebabkan karena kita lebih mengejar kuantitas daripada kualitas. Berolahraga dengan teknik yang benar lebih baik daripada melakukan olahraga atau angkat beban yang berlebihan. Jadi, berolahraga dengan benar ditambah asupan gizi yang tepat akan memberikan hasil yang memuaskan. Berikut ini sepuluh kesalahan yang umunya sering dilakukan pada saat latihan:
Berolahraga Tidak Rutin: Banyak orang berolahraga hanya sekali ataupun dua kali seminggu. Kebanyakan pada hari minggu. Hal ini tentu tidak baik dan tidak akan memberikan hasil yang maksimal. Diibaratkan Anda melewatkan makan siang dan sarapan, apakah Anda bisa menebusnya dengan makan malam yang ekstra di malam hari, tentu tidak. Hanya dengan berolahraga secara konsisten dan teratur, maka hasil yang diinginkan dapat diraih.
Berolahraga Tanpa Pemanasan Terlebih Dahulu: Sebenarnya ini merupakan kesalahan yang serius, tapi banyak orang tidak memperdulikannya. Kebanyakan dari kita langsung berolahraga secara keras tanpa adanya pemanasan, hal ini dapat melukai otot Anda dan dapat mengakibatkan cidera. Lakukanlah pemanasan terlebih dahulu untuk membuat otot-otot Anda siap untuk latihan yang lebih intens.
Tidak Melakukan Pelemasan dan Pendinginan(Cooling down) Setelah latihan: Setelah melakukan latihan yang keras, banyak orang langsung beristirahat atau langsung mandi tanpa melakukan pendinginan. Hal ini salah, Tunggulah detak jantung Anda kembali normal, lakukan beberapa teknik relaksasi untuk mengurangi risiko cedera.
Menjaga Tubuh Terhidrasi dengan Minum: Selama berolahraga Anda harus memastikan diri Anda tidak kehausan. Jika tidak, maka tubuh Anda akan cepat lelah dan dapat mengakibatkan kram, pusing, bahkan kegagalan otot mendadak ketika Anda mengangkat beban.
Berlatih Teknik yang Salah: bentuk latihan yang salah akan membuat otot robek, tendon dan dapat menimbulkan masalah punggung yang parah. Melengkungkan punggung Anda saat melakukan bench press, melakukan deadlift dengan membungkuk terlalu jauh, adalah adalah beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan.
Mengangkat Beban yang Banyak dalam Waktu yang Cepat: Lebih banyak bukan berarti lebih baik, begitu juga halnya dengan mengangkat beban. Jika mau mengangkat beban yang lebih berat, lakukanlah secara bertahap atau lakukan sesuai kemampuan. hal ini untuk menghindarkan Anda dari potensi cedera, rasa sakit, dan nyeri otot. Untuk menghindari penggunaan cedera bobot yang benar adalah sangat penting. Mengangkat beban secara bertahap merupakan cara yang efektif dan lebih aman untuk meningkatkan kekuatan otot.
Tidak Berkonsentrasi Pada Teknik Pernapasan Anda: Perlu untuk Anda ketahui bahwa, Esensi utama dari setiap bentuk latihan adalah berkonsentrasi pada teknik pernapasan Anda. Sinkronkanlah Pernapasan Anda sesuai dengan bentuk latihan. Ini tidak hanya akan memberi makan otot-otot Anda oksigen segar, tetapi juga memungkinkan Anda untuk melakukan latihan lebih intens.
Melakukan Latihan tanpa Tujuan: Banyak orang berolahraga tanpa tujuan yang jelas, pergi ke gym lalu berjalan santai di atas treadmill, angkat beban yang sangat ringan, tidak berkeringat sedikit pun, dan melihat pengunjung lain. Lakukanlah olahraga dengan tujuan yang jelas, jika tidak maka Anda hanya menghabiskan waktu saja.
Tidak Melakukan Peregangan: Untuk melakukan gerakan disekitar sendi, maka peregangan otot harus dilakukan. Mengabaikan bagian ini dapat menyebabkan sakit pada bahu, punggung, dan leher. Peregangan juga meningkatkan fleksibilitas, elastisitas, dan membuat otot nyaman.
Melakukan Gerakan Latihan yang Monoton: Melakukan gerakan-gerakan yang monoton bisa membuat Anda bosan malahan membuat Anda ogah-ogahan untuk latihan, oleh karena itu melakukan latihan yang beragam dapat membuat latihan Anda lebih menarik.
Apakah Anda melakukan salah satu kesalahan diatas, jika iya, maka Anda bisa memperbaikinya sebelum terlambat. Aspek penting lainnya yang harus perhatikan adalah asupan gizi yang penting. Kombinasi asupan gizi yang baik dan Latihan yang tepat dan efektif dapat memberikan hasil yang luar biasa!