Setelah seharian beraktivitas, kita tentu membutuhkan istirahat atau tidur. Namun banyak dari kita kesulitan untuk tidur, walaupun telah lelah dan bekerja keras sepanjang hari. Badan sudah lelah, tetapi sangat sulit untuk tertidur dengan cepat, malahan 1 atau 2 jam kemudian, baru bisa tertidur dengan lelap. Oleh karena itu, di artikel ini kita akan membahas beberapa tips agar Anda dapat tertidur lelap dengan cepat.
 

Cobalah tidur dalam keadaan gelap. Cahaya dapat menghentikan produksi melatonin dan tubuh mendapat sinyal untuk bangun. Oleh karena itu, Cobalah untuk tidur dalam keadaan gelap, jika tetap harus tidur dalam keadaan hidup lampu, Anda dapat menggunakan masker mata saat tidur.

Abaikan pikiran Anda.  Banyak dari kita cederung untuk memikirkan apa yang terjadi di siang hari sebelum tidur. Cobalah untuk mengabaikan pikiran Anda, lakukan secara bertahap. Sebagai tambahan, cobalah untuk mendengarkan musik meditasi yang menenangkan pada volume rendah, atau teknik relaksasi yang akan membuat Anda rileks.
Hindari melakukan kegiatan-kegiatan sebelum tidur. Hindari melakukan kegiatan, seperti menonton film favorit Anda atau membaca sebuah novel kesenangan Anda. Hal itu hanya akan membuat Anda semakin asyik dengan kegiatan tersebut, dan membuat Anda tidak tidur. Cobalah membaca sesuatu buku yang sulit untuk dimengerti atau yang sedikit membosankan. Dengan begitu, keinginan untuk tidur akan timbul.
Hindari makan malam yang berat. Hindari makan malam yang berat sebelum tidur pada malam hari. Hindari juga aktivitas fisik yang berat minimal 2,5 jam sebelum tidur. Olahraga atau aktivitas fisik meningkatkan suhu tubuh dan membuat tubuh aktif dan membuat tidur Anda tidak nyenyak.
Mandi air panas sebelum tidur. Mandi air hangat dapat membuat tubuh menjadi santai. Anda bisa mandi setengah jam sebelum tidur. Cobalah untuk pergi tidur lebih awal setiap malam. Tubuh akan menyesuaikan secara bertahap dan membuat Anda tertidur lebih cepat.

Itu tadi tips-tipsnya, semoga berguna, lakukanlah tips-tips tersebut secara teratur, maka Anda akan lebih mudah tidur dengan cepat. Tidur yang nyenyak dan berkualiatas sangat menyehatkan dan membuat Anda segar dan semangat untuk beraktivitas di pagi harinya.