Anda pastinya pernah membeli vitamin dalam bentuk pil atau kapsul, namun kali ini ada vitamin yang berbentuk spray. Tentunya Anda pasti kebingunan karena biasanya kita makan vitamin dalam bentuk pil dan kapsul namun kali ini berbentuk spray.

Seperti yang dikutip dari dailymail, Senin (27/10/2011), Bila kita biasanya memakan vitamin berbentuk pil dan kapsul, maka semprotan vitamin ini berkerja dengan cepat langsung diserap melalui membran mukosa pada bagian dalam mulut.

“Karena mereka disemprotkan di bawah lidah, maka vitamin langsung masuk ke dalam aliran darah dengan cepat tanpa harus diproses oleh sistem pencernaan,” kata Andrew Thomas, pendiri BetterYou.

Semprotan vitamin tidak mengandung casing, pengisi atau agen pengikat yang digunakan dalam tablet yang kadang-kadang membuat intoleransi.

Tapi tidak semua orang setuju dengan klaim ini. Ursula Arens, juru bicara British Dietetic Association (BDA), mengatakan: “Nutrisi dalam jumlah kecil dapat diserap melalui membran mukosa, tetapi sisanya akan dibawa oleh air liur, sehingga akhirnya diserap melalui usus sama seperti suplemen lainnya. ‘

Bahkan jika diserap lebih cepat, Bridget Benelam, seorang ilmuwan di British Nutrition Foundation, mengatakan: ‘Tidak ada keuntungan fisiologis mengkonsumsi vitamin dan mineral sepuluh menit atau satu jam lebih cepat dari pada memakannya.