Kelahiran bayi merupakan momen yang membahagiakan, tetapi ada juga ibu yang malah tertekan setelah melahirkan, dan Depresi pasca melahirkan cukup banyak dialami wanita. Sayangnya menurut penelitian terbaru, 1/3 ibu melahirkan yang terkena depresi memilih menyimpan sendiri kesedihannya itu.
Riset tersebut dibuat oleh organiasi amal 4Children, Inggris. Penelitian dibuat untuk mencari tahu bagaimana depresi pasca melahirkan dirasakan oleh para ibu dan cara penyembuhannya.
Penelitian tersebut melibatkan 2.000 ibu. Dari riset itu ditemukan 3 dari 10 ibu baru mengalami depresi. 49% ibu yang mengalami depresi itu tidak mau mencari bantuan ahli seperti psikolog. Dibanding yang sudah punya beberapa anak, ibu yang baru pertama kali melahirkan paling banyak melakukan hal itu.
1/3 responden mengaku mereka terlalu takut untuk mengatakan pada siapapun soal depresi yang dialami. Mereka khawatir kalau menceritakan depresi tersebut akan ada dampaknya pada diri sendiri atau bayi.
“Cukup banyak keluarga yang menderita akibat depresi pasca melahirkan ini dan memilih merahasiakannya. Kalaupun mereka akhirnya mencari bantuan, mereka kadang malah seperti menemui jalan buntu. Kurang ada empati dari petugas medis profesional,” tutur Chief Executive 4Children Anne Longfield, seperti dikutip dari Female First.
Anne menambakan, depresi pasca melahirkan ini merupakan masalah yang cukup serius. Orang yang mengalami masalah tersebut seharusnya mendapatkan dukungan atau bantuan secepat mungkin untuk menghindari efek jangka panjang pada seluruh anggota keluarga.
Berdasarkan data dari Royal College of Pschiatrists, 10-15% wanita merasakan depresi pasca melahirkan. Saat mengalaminya, si wanita akan merasa rendah diri dan berjuang keras untuk merawat bayinya. Mereka juga sulit menemukan waktu untuk melakukan aktivitas sederhana seperti mandi atau memasak.
Depresi pasca melahirkan ini sebenarnya bisa diatasi dengan beberapa cara. Salah satu tips yang cukup mudah adalah dengan berbagi masalah tersebut pada orang yang dipercaya, misalnya teman yang juga sudah melahirkan atau ibu sendiri. 
Membaca kisah-kisah ibu yang sudah berhasil mengatasi masalah tersebut juga bisa membantu mengatasi depresi pasca melahirkan. Saat ini ada beberapa forum ibu yang bisa jadi sarana untuk berbagi masalah dan mendapatkan solusinya.