Peneliti dari Oxford University membuktikan adanya hubungan antara stres dengan peluang terjadinya pembuahan di masa subur. Pada wanita yang banyak pikiran, peluang itu turun sebesar 12 persen.
Dikutip dari Dailymail, penelitian tersebut melibatkan 274 perempuan berusia 18-44 tahun yang sedang berusaha untuk mendapatkan keturunan. Para responden tidak berhubungan seks maupun menjalani terapi kesuburan dalam 3 siklus menstruasi sebelumnya.
Berdasarkan pemeriksaan air ludah (saliva), peneliti menemukan bahwa wanita yang pada masa subur memiliki kadar enzim alfa-amilase paling tinggi punya peluang 12 persen lebih kecil untuk dibuahi. Enzim tersebut merupakan indikator tingkat adrenalin, yang meningkat saat sedang mengalami kegelisahan.
Sementara dikutip dari justmommies, stres ini juga bisa mempengaruhi gairah seks Anda. Saat stres, gairah bisa menurun dan Anda pun jadi tak tertarik untuk bercinta. Dengan jarang berhubungan intim, terutama saat masa subur, kemungkinan Anda hamil bisa semakin kecil.
Agar kondisi stres ini tidak mengganggu usaha Anda untuk hamil, Anda harus mengatasinya. Ini beberapa cara yang bisa dilakukan:
1. Perhatikan apa yang Anda makan dan minum. Kebiasan makan yang tidak sehat bisa menyebabkan Anda stres. Misalnya saja terlalu banyak minum kopi atau minuman lain yang mengandung kafein. Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi serta terlalu manis juga salah satu pemicu stres.
2. Pastikan Anda punya waktu tidur yang cukup. Menurut penelitian, orang yang tidur 7,5 jam setiap malam ternyata lebih mudah mengalami stress, dibandingkan mereka yang tidur lebih dari 8 jam.
3. Lakukan kegiatan yang menyenangkan. Misalnya saja, jika Anda suka nonton, tontolah film-film yang bisa membuat tertawa. Kalau Anda hobi membaca, bacalah buku yang bisa menyenangkan. Usahakan jangan melakukan kegiatan yang malah membuat Anda semakin sedih karena belum juga hamil.
4. Olahraga. Saat Anda berolahraga, tubuh mengeluarkan hormon endorphin dan neurotransmitter yang bisa mempengaruhi suasana hati. Dua senyawa kimia itu cukup ampuh mengurangi kecemasan dan stres.
5. Berkumpul dengan teman. Mengobrol dengan teman yang bisa memberikan Anda energi positif, bisa jadi salah satu cara untuk mengatasi stres. Usahakan agar Anda dan teman-teman tersebut tidak membicarakan topik soal kehamilan yang malah membuat stres. Bicarakan hal-hal yang malah membuat Anda semangat untuk terus berusaha agar hamil.
Advertisements