Masa kehamilan antara minggu ke-13 sampai ke-27 sering disebut-sebut sebagai ‘periode bulan madu’untuk alasan yang sangat menyenangkan: umumnya, mual-mual sudah jauh berkurang,emosi lebih stabil, plus gairah seks kembali normal. Pada masa ini juga mulai merasakan aksi ‘bermain bola’ alias gerakan pertama bayi . Lalu, ada perubahan apa lagi di trimester kedua kehamilan ini?
Mual mereda
Di masa ini, kebanyakan calonmama sudah tidak mengidam lagi. Namun, bila masih merasa mual-mual juga,berkonsultasilah pada dokter  agar bisa diresepkan vitamin B6 (yang terbukti bisa menenangkan perut yang ‘bergejolak’). Di masa ini juga, perut akan merasakan sensasi tidak nyaman versi baru, yakni nyeri perut. Hal ini terjadi akibat membesarnya rahim Anda dan peregangan di sekitar ligamen(jaringan penghubung antar tulang).
Ia mulai bergerak!
Hampir sepanjang trimesterpertama kehamilan , sebenarnya janin terus tumbuh secara perlahan didalam rahim. Sekitar minggu ke-12, barulah dokter  bisa mendeteksi adanya detak jantung bayi. Meskipun demikian, kita bisa tetap merasakan sesuatu yang menjadi pertanda adanya kehidupan di dalam rahim, seperti:
Antara minggu ke-16 dan ke-20, kita bisa merasakan si kecil bergerak ke sana-ke mari dalam rahim. Hal ini dikenal sebagai ‘quickening’.
Menjelang akhir trimester kedua kehamilan, kita mungkin merasakan adanya semacam ‘titik-titik’ yang muncul berulang kali dalam perut . Jangan terlalu khawatir. Itu cuma si kecil yang sedang cegukan, dan ini sama sekali tidak berbahaya!
Sesak napas
Kini, bahkan aktivitas yang biasa-biasa saja atau agak membosankan, seperti berjalan ke kamar mandi, bisa membuat napas Anda terengah-engah. Hal ini umum terjadi, kok. Membesarnya rahim membuat paru-paru jadi terdesak naik, sehingga sulit bagi udara untuk keluar dan masuk secara bebas. Tetapi, begitu gangguan napas Anda ini kian menghebat,segera temui dokter.

Bentuk tubuh berubah

Di minggu ke-16, kita sudah harus mulai memakai baju hamil karena lingkaran pinggang bertambah dan pinggul melebar. Pada minggu ke-27, berat badan akan bertambah sekitar 7-10 kg. Bagaimana dengan si kecil? Beratnya‘hanya’ naik sekitar 1 kg. Juga, kita mulai merasakan adanya fenomena lain dari kehamilan: Stretchmarks.Tenang-tenang saja, deh! Kebanyakan stretchmarks atau garis-garis tanda melarnya kulit ini akan memudar sendiri setelah  melahirkan. Paling ‘yang tersisa’ adalah garis tipis berwarna putih atau keperakan.
Emosi juga berubah
Meskipun kerja hormon masih belum cukup stabil, tubuh sudah menyesuaikan diri selama 3 bulan, sehingga kita mungkin saja tidak sesensitif sebelumnya. Di sisi lain, karena perubahan bentuk tubuh, kita justru khawatir terhadap efek jangka panjang kehamilan terhadap tubuh. Untuk mengatasi perasaan ini, sebaiknya:
Belilah pakaian yang ‘lucu’ (model baju hamil sekarang sudah banyak yang modis dan trendi, lho).
Manjakan diri dengan berbagai hal yang bisa mempercantik penampilan , seperti manikur agar kuku selalu sehat dan terawat, potong rambut, ke spa, dan masih banyak lagi.
Nikmati saja perasaan bahagia yang tengah  rasakan day by day.
Gairah seks meningkat
Selama bulan ke-4 atau ke-5 kehamilan, tiba-tiba kita merasa sangat seksi. Di trimester kedua kehamilan, tubuh  memang menghasilkan lebih banyak hormon estrogen. Setiap harinya, indung telur wanita hamil menghasilkan estrogen setara dengan estrogen dari wanita tidak hamil selama 3 tahun! Benar-benar luar biasa, ya. Dan, karena rasa mual dan kelelahan (yang banyak terjadi di trimester pertama) sudah mereda, kita merasa lebih bergairah dalam berhubungan intim dengan suami. Bahkan, beberapa wanita mengalami orgasme berulang kali untuk pertama kalinya.
Olahraga lagi, dong!
Bila rasa mual dan kelelahan membuat kita terpaksa meninggalkan rutinitas olahraga di trimester pertama kehamilan, kini saatnya untuk kembali berolahraga. Olahraga seperti apa yang cocok? Coba yang ini:
    Senam Kegel. Bisa memudahkan proses melahirkan (saat mengejan) dan mengurangi risiko tidak bisa menahan buang air kecil atau besar setelah melahirkan. Caranya, kontraksikan (kencangkan dan kendurkan) otot-otot vagina, seolah-olah  sedang menahan keluarnya urin! Tahan dan ulangi.
     Yoga. Gerakan yoga ini khusus dirancang dan disesuaikan dengan perubahan tubuh Anda. Sisi positifnya,  bisa curhat dengan ibu hamil lain.
     Berenang. Initermasuk olahraga low-impact. Ringannya beban tubuh saat terapung membuat kaki bisa sedikit istirahat dan tak perlu bekerja ekstra keras menopang tubuh.
     Jalan kaki. Sekalipun  ‘hanya’ berjalan kaki keliling kompleks, aliran darah bisa lebih lancar,lho. Bonusnya,  akan merasa lebih bersemangat!
Jadi…
Trimester kedua adalah masa yang paling asyik selama kehamilan. Karena itu, nikmati saja! Apalagi, ada begitu banyak hal yang bisa kita lakukan: Berolahraga, belanja keperluan bayi, dan memanjakan diri! Sambil melakukan hal-hal menyenangkan, kita bisa menikmati gerakan dan perubahan menakjubkan dalam rahim setiap hari. Asyik kan? 
Hati-hati!
Hindari olahraga angkat beban atau latihan berat apapun yang dapat menaikkan tekanan darah ke tingkat yang berbahaya.
Setelah bulan ke-4 atau ke-5, hindari olahraga yang menuntut  harus tidur terlentang. Posisi seperti ini bisa menyebabkan pembuluh darah utama Anda tertekan sehingga mengganggu aliran darahpada bayi.
Makan camilan ringan sekitar 1jam sebelum berlatih. Asupan kalori ini akan membantu meningkatkan energiAnda.
Minumlah air putih selama berolahraga. Jagalah agar tubuh tidak sampai kekurangan cairan.
Ekstra hati-hatilah dengan olahraga yang membutuhkan keseimbangan. Tubuh  bisa memberikan respon yang tak diduga. Misalnya, saat berlari atau melakukan gerakan step-aerobic, mungkin saja tiba-tiba Anda sempoyongan.