Pepaya adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya.buah pepaya merupakan tumbuhan yang berbatang tinggi. Tanaman ini seperti palma, daunnya berwarna hijau dan buahnya berwarna kuning kemerahan.tinggi pohon pepaya dapat mencapai 7 sampai 10 meter dengan akar yang kuat.

Semua bagian dari pepaya banyak mengandung manfaat.tetapi disini kita membahas tentang manfaat pepaya untuk kesehatan untuk kulit dan rambut.Dalam pepaya terkandung beragam nutrisi penting yang berguna bagi tubuh. Pepaya dikenal merupakan sumber yang baik dari papain, sejenis enzim yang berfungsi membantu tubuh untuk mencerna protein. Dalam pepaya juga terkandung vitamin A, vitamin C, beta-karoten, mineral esensial, serat alami, serta beberapa enzim lain, seperti arginine dan carpain.

Buah segar ini mampu melembutkan kulit Anda. Tak heran jika kemudian produsen kecantikan melahirkan ragam inovasi perawatan kulit yang mengandung ekstrak pepaya, seperti body scrub ekstrak pepaya. Pasalnya, enzim yang terkandung dalam pepaya berkhasiat mencerahkan kulit wajah dan tubuh sehingga lebih bercahaya.

Anda bisa meracik sendiri perawatan kulit dari pepaya secara alami. Buat saja masker pepaya yang bisa diaplikasikan pada kulit dan rambut Anda. Berikut resepnya:

Bahan yang wajib anda persiapan :
  •        1 buah pepaya
  •        1 sendok teh sari lemon segar
  •        1 sendok teh sari jeruk
  •         2 sendok makan madu organik hangat
Cara membuat dan aplikasinya:
  1.        Campur semua bahan, lalu haluskan dengan menggunakan blender.
  2.        Ratakan masker pepaya pada wajah dan leher (hindarkan dari mata).
  3.     Diamkan selama 10 menit.Anda juga bisa mengaplikasikan masker pepaya pada rambut Anda dengan cara yang sama.
  4.        Basuh dan bersihkan masker dengan air hangat.
  5.        Untuk rambut, bilas bersih rambut, gunakan sampo jika perlu.
Sudah tahu kan manfaat dari buah pepaya, maka rugilah mereka yang tidak menukai pepaya,dari sekarang kita harus mengkonsumsi pepaya sebagai makanan wajib bagi kita.