Para orang tua tentu ingin memiliki bayi dengan kulit yang sehat dan bersih, namun kulit bayi sangatlah sensitif, oleh sebab itu kulit bayi butuh perhatian dan perawatan yang lebih.  Kulit bayi itu lembut dan halus, hal ini disebabkan produksi melanin masih rendah pada bayi, oleh karena itu, Anda harus berhati-hati ketika menggunakan lotion atau krim pada kulit bayi yang lembut.

Perawatan kulit bayi itu dimulai dari memandikan bayi dan menjaganya tetap bersih, terutama di bagian kulit yang sering dipakai popok. Anda juga tidak boleh sembarang dalam merawat kulit bayi, oleh itu berikut ini beberapa tips untuk perawatan kulit bayi, seperti yang dikutip dari buzzel.com.
  1. Jangan menggunakan sembarang produk untuk bayi, baik itu bedak, lotion, sabun, sampo ataupun pelembab kulit, gunakanlah produk yang memang dikhususkan untuk kulit bayi yang lembut dan sensitif. Gunakan produk-produk yang bahan kimianya rendah, atau gunakan produk-produk yang alami.
  2. Bayi yang baru lahir tidak perlu selalu dimandikan setiap hari. Gunakan spons untuk memandikan bayi Anda,  dan gunakan kain lembut untuk menyeka dan mengeringkan tubuh. Terlalu banyak sabun dapat mengeringkan kulit bayi anda.
  3. Setelah selesai memandikan bayi Anda,  gunakan kain lembut dan bersihkan lipatan-lipatan kulit dengan hati-hati. Terutama pada daerah leher, daerah belakang telinga, daerah popok, dll. Anda dapat menggunakan sedikit pelembab apabila kulitnya terlalu kering.
  4. Anda harus berhati-hati dalam menggunakan merek popok yang berbeda-beda, Anda harus mempehatikan merek-merek popok tertentu yang menyebabkan ruam pada bayi anda. Ketika Anda membersihkan pantat bayi Anda, jangan menggosok dengan kasar. Daerah sekitar pantat memang perlu perhatian khusus, karena jika tidak, dapat terjadi infeksi atau ruam di sekitar daerah ini. Gunakan air hangat bersama dengan produk pembersihan yang baik untuk membersihkan pantat bayi. Anda juga bisa menggunakan bedak untuk membantu. Jangan menggunakan Selalu tisu bayi berbasis alkohol, karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit.
  5. Kulit bayi perlu dirawat dengan hati-hati. Anda harus menyadari bahwa perubahan cuaca yang mendadak dapat menyebabkan iritasi kulit lebih lanjut. Oleh karena itu, selalu lindungi kulit bayi Anda dari sinar matahari yang terlalu terik dan angin yang kuat. Gunakan penutup untuk melindungi bayi saat Anda sedang bepergian.
  6. Jika bayi Anda kulitnya gatal pada malam hari, anda dapat menggunakan kain basah dengan air dingin dan tepuk pada daerah kulit yang gatal tersebut, dan gunakan pelembab kulit secukupnya pada daerah tersebut.
  7. Bila anda ingin memberikan pakaian pada bayi anda, pastikan bahwa pakaian tersebut longgar. Hal ini penting, agar sirkulasi udara lebih baik dan mencegah bayi Anda dari keringat. Pakaian yang sempit akan membuat bayi tidak nyaman. Ketika malam terlalu panas, gunakan pakaian yang lembut dan tipis pada bayi.
  8. Jagalah selalu tempat tidur bayi dalam keadaan yang bersih. Bayi anda bisa saja alergi terhadap tungau debu dan ini juga dapat memicu ruam dan iritasi, oleh karena itu gunakan bantal, selimut dan seprei yang bersih.