Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Maryland School of Medicine terungkap bahwa banyak menonton film komedi terbukti dapat menyehatkan jantung.

Penelitian yang dipimpin oleh Dr Michael Miller ini melibatkan survey terhadap beberapa responden yang diminta menyaksikan film drama komedi There’s Something About Mary dan film action perang Saving Private Ryan di hari yang berbeda.

Setelah dilakukan sekitar 300 indikator pengukuran yang cukup rumit, ternyata responden yang menonton Saving Private Ryan, setelahnya mengalami respon negatif yang disebut vasoconstriction, yaitu rasa sesak yang terjadi di urat nadi.

Hal sebaliknya terungkap ketika responden menyaksikan There’s Something About Mary, saluran darah melebar dan terlihat perubahan kondisi di area endothelium. Endothelium adalah lapisan sel yang berada di dinding saluran darah dan mengatur jalannya aliran darah.

Sayangnya, tertawa hanya dapat membakar 1,3 kalori per menit. Untuk membakar 78 kalori, Anda harus tertawa selama satu jam penuh. Karena itu, banyaklah tertawa serta mengonsumsi sayuran dan berolahraga secara rutin agar jantung tetap sehat.