Berliburan tentu sangat menyenangkan, karena kita bisa ke tempat-tempat liburan yang baru dan menarik, berjumpa dengan orang-orang baru, atau wisata kuliner yang menyedapkan. Tetapi, ingat walaupun liburan, badan kita harus tetap terjaga kebugarannya, betul tidak? Apalagi bagi Anda yang hobi berwisata kuliner, bisa-bisa selesai liburan berat badan Anda jadi bertambah.

Menjadi bugar bukan hanya memiliki tubuh yang sehat, tetapi juga pikiran yang sehat. Karena ketika tubuh dan pikiran kita sehat, Anda akan menjadi sangat antusias dan penuh energi dalam menjalani liburan Anda. Oleh karena itu, berikut ini beberapa tips-tips untuk menjaga badan Anda tetap bugar selama liburan:
  1. Carilah Cara yang Tepat Untuk Tetap Selalu Bugar! Bila Anda beliburan dan menginap di hotel, tentu Anda bisa memanfaatkan fasilitas-fasilitas olahraga yang telah disediakan, seperti kolam renang dan fitness center. Jika tidak ada fasilitas olahraga di tempat tersebut, Anda bisa jogging atau latihan di dalam ruangan kamar Anda. Melakukan aktivitas fisik selama 45 menit setiap hari sudah cukup untuk membuat kita segar sepanjag hari.
  2. Jagalah Tubuh Anda agar Tidak Kekurangan Cairan dan Makan Makanan Bergizi. Bila Anda merasa haus, minumlah air putih, jangan menggantinya dengan minuman bersoda, ataupun minuman manis lainnya, apalagi minuman dengan pemanis buatan, karena akan membuat Anda semakin ingin meminum yang lebih manis lagi. Siapkan selalu sebotol air saat Anda bepergian. Atau, Anda dapat menikmati minuman menyegarkan dan sehat seperti jus buah. Dan makanlah selalu makanan yang bergizi dan mengenyangkan.
  3. Kendalikan nafsu makan Anda. Bukan berarti karena sedang liburan atau sedang wisata kuliner, maka Anda bisa makan dengan sepuasnya. Cobalah untuk mengendalikan nafsu makan Anda. Bila Anda makan terlalu banyak, cobalah imbangi dengan olahraga juga. Dan carilah makanan yang menyehatkan. Makan makanan yang baru bagi Anda belum tentu cocok dengan perut Anda, dan  perhatikan juga alergi yang Anda miliki. Salah makan, atau makan makanan yang tidak bersih bisa mengakibatkan gangguan pada sistem pencernaan Anda. Tentu hal ini sangat menggangu kegiatan liburan Anda.
  4. Sebisa Mungkin Jauhi Minuman Keras. Apalagi minum berlebihan, Karena kurang baik untuk kesehatan jantung dan kardiovaskular.
  5. Bila Anda  menginap di hotel, dan kamar Anda berada di lantai dua, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan tangga daripada menggunakan lift. Ini merupakan salah satu cara yang simpel untuk tetap bugar selama liburan dan membuat badan anda tetap bergerak.
  6. Jangan lupa juga untuk membawa pakaian dan sepatu olahraga Anda selama liburan. Siapa tahu, Anda bisa menggunakannya disaat ada kesempatan untuk berolahraga selama liburan.
  7. Selalu sediakan makanan sehat atapun cemilan sehat di dalam tas Anda, terutama ketika Anda kehabisan pilihan makanan sehat  di tempat Anda liburan.
  8. Periksa juga kesehatan Anda selama liburan, seperti tingkat gula darah atau tensi untuk menghindari seseuatu yang tidak diinginkan.

Nikmatilah liburan Anda dan jagalah kebugaran badan. Karena liburan dengan badan yang tidak bugar, tentu tidak menyenangkan.