Natal biasanya diwarnai dengan melimpahnya kue-kue dan makanan lezat. Tapi tahukah anda bahwa butuh sampai 3 bulan untuk mengembalikan berat badan ke kondisi normal setelah kita memanjakan diri dengan makanan-makanan yang banyak mengandung kalori itu.

Sebuah studi membuktikan bahwa rata-rata orang mengonsumsi 2-3 porsi makan malam saat Natal atau setara dengan 2.300 kalori. Hal ini berarti 115 persen lebih banyak dari asupan harian yang direkomendasikan untuk perempuan dan 92 persen untuk laki-laki.

Seseorang bisa mencegah bertambahnya berat badan berlebih dengan cara makan secara perlahan dan menikmati setiap makanan yang dikonsumsi, serta tetap aktif selama Natal untuk membantu membakar kalori yang masuk.

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu membakar kalori yang masuk ke dalam tubuh:

  • Jika mengkonsumsi 1 porsi (90 gram) kalkun panggang, maka bisa dihilangkan dengan bersepeda selama 40 menit dengan kecepatan sedang untuk membakar 180 kalori.
  • Jika mengkonsumsi 2 sosis, biasanya mengandung 108 kalori, maka bisa dihilangkan dengan melakukan pekerjaan rumah tangga selama 35 menit untuk membakar sekitar 110 kalori.
  • Jika mengkonsumsi 100 gram pudding, biasanya mengandung 329 kalori, maka bisa dihilangkan dengan berlari selama 30 menit untuk membakar 450 kalori.
  • Jika mengkonsumsi 1 pie manis, biasanya mengandung 215 kalori, maka bisa dihilangkan dengan melakukan jogging selama 15 menit untuk membakar 220 kalori.