Sakit punggung pasti pernah dialami oleh hampir setiap orang. Penyebabnya mulai dari faktor usia, kurangnya olahraga, pekerjaan, kurangnya asupan nutrisi tertentu, adanya penyakit tertentu, hingga gaya hidup. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meredakan gejala sakit punggung, diantaranya adalah:

1. Kompres dingin
Kompres dingin dapat dicoba ketika sakit punggung pertama kali muncul. Kompres dingin dapat mengurangi pembengkakan dan ketidaknyamanan. Lakukan beberapa kali sehari, selama 10 menit dalam 3 hari.

2. Obat pereda nyeri yang tersedia di pasaran
Dapat juga mengkonsumsi obat pereda nyeri yang tersedia di pasaran jika kompres dingin saja belum cukup.

3. Krim topikal
Bila anda tidak terlalu suka dengan obat oral, bisa juga menggunakan krim topikal yang dioleskan pada daerah yang sakit.

4. Latihan fisik ringan
Kegiatan seperti berjalan, bersepeda, dan olahraga air dapat memperbaiki hampir semua masalah pada otot. Lakukan latihan fisik ringan selama 30 menit 3 kali seminggu.

5. Kasur baru
Kasur yang telah dipakai selama 8 tahun akan mengalami pengurangan dalam daya dukungnya, sehingga biasanya dapat menyebabkan nyeri punggung.

6. Perawatan chiropractic
Perawatan chiropractic dapat dicoba ketika upaya lain untuk meredakan sakit punggung tidak bekerja. Terapi fisik dan terapi chiropractic dapat meningkatkan keselarasan tulang belakang.