Tidak hanya wanita yang dibuat “repot” soal proses penuaan, pria juga. Tapi umumnya pria jarang berusaha untuk mengatasi itu. Berikut trik yang bisa dilakukan agar pria awet muda lebih lama.

1. Miliki peralatan olahraga
Lakukan olahraga secara teratur untuk meningkatkan sistem pertahanan antioksidan tubuh melawan radikal bebas.

2. Tabir surya dan kacamata hitam
Gunakan tabir surya dan kacamata hitam bila beraktivitas di luar ruangan dalam waktu lama untuk memperlambat proses penuaan akibat paparan sinar matahari.

3. Hindari rokok
Zat kimia yang terkandung dalam rokok terbukti dapat mempercepat penuaan dan memicu berbagai penyakit berbahaya.

4. Istirahat yang cukup
Tidur adalah waktu bagi tubuh untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Kurang istirahat akan menyebabkan lingkaran hitam pada mata, mata merah, dan tubuh terlihat lelah. Kebanyakan orang membutuhkan waktu tidur antara 7-9 jam setiap harinya.

5. Bawalah selalu botol minum
Mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas sehari mutlak diperlukan agar fungsi sel optimal. Pria aktif harus minum lebih dari jumlah tersebut.

6. Pelembab antioksidan
Menggunakan pelembab antioksidan dua kali sehari, sekali di pagi hari dan sekali lagi sebelum tidur dapat membantu kulit mempertahankan elastisitasnya.

7. Krim mata
Krim mata dapat meminimalkan munculnya garis-garis halus disekitar mata. Gunakan krim mata dua kali sehari, sekali saat pagi hari dan sekali lagi sebelum tidur.

8. Pisau cukur dan krim cukur
Cukurlah secara teratur jenggot dan kumis agar wajah tampak lebih muda.

9. Scrub wajah
Scrub wajah dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan membantu membersihkan pori-pori.

10. Multivitamin
Vitamin dapat mencegah dan memperbaiki kerusakan sel dengan menetralisir radikal bebas yang berbahaya, sehingga memperlambat penuaan. Banyaklah mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar yang mengandung vitamin.

11. Produk perawatan rambut
Pakailah produk-produk perawatan rambut agar rambut lebih sehat dan mencegah kebotakan.